Ikut Serta dalam Pembuatan Gula Aren Secara Tradisional

Gula aren merupakan salah satu dari sekian banyaknya produski unggulan di kampung Blangtemung. Proses pembuatan gula aren ini masih dilakukan secara tradisional di rumah warga. Pemasaran gula aren ini sudah mencapai tahap ekspor ke luar negeri seperti Hongkong, hal ini membuktikan bahwa kualitas dari gula yaren yang dihasilkan sangat berkualitas. Harga untuk 10 keping gula aren ini seharga Rp 35.000,00.

http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/blangtemung15/2022/02/17/order-fiktif-grabfood-reimbursement/

http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/blangtemung15/2018/01/07/cara-lacak-iphone-dengan-android/

IMG20180712141903 IMG20180712145811 IMG20180712150904IMG20180712152913 IMG20180712154910IMG20180712155140

 

https://ilde2.upf.edu/levinsky/v/18op

http://history.lib.ntnu.edu.tw/wiki/index.php/%E4%BD%BF%E7%94%A8%E8%80%85:Bassnations

http://history.lib.ntnu.edu.tw/wiki/index.php/%E4%BD%BF%E7%94%A8%E8%80%85%E8%A8%8E%E8%AB%96:Bassnations

 

Cara Memilih Gula Aren yang Asli, Jangan Sampai Salah!
Langkah Memilih Gula Aren yang Tepat – Jika kamu familiar dengan aneka bumbu masakan, pasti bakal gak asing dengan namanya gula aren. Gula aren adalah bumbu masakan yang umumnya bertumpang-tindih dengan gula merah serta gula kelapa.

Lalu, apa sich gula aren itu serta gimana cara membedakannya dengan ke-2 tipe gula aren tersebut?

Dibanding dengan gula merah serta gula batok, gula aren diklaim miliki rasa paling manis. Gak hanya itu, wewangian dari gula aren ini terhitung unik dan kuat hingga kamu yang kerap mengolah pasti akan mengingat dengan baunya. Aromanya begitu berbeda dengan 2 tipe gula yang lain sepintas serupa dengan gula aren.

Tekstur dari gula aren terhitung gak terlampau keras serta lumayan gampang dihancurkan. Sebagai pemanis tradisional, gula aren biasanya jadi paduan atau sauce jajan tradisionil mulai dari kolak, bubur sumsum, serta masih banyak lagi. Sering seorang menambahkan gula aren dengan santan lantaran bikin rasa santan lebih kaya serta punya manis yang unik.

Gula Aren Dibuat dari Apa?
Rasa manis gula aren yang unik sebetulnya datang dari material dasar dari gula aren tersebut. Gula dengan wujud batok kelapa ini dibuat dari nira atau legen, yaitu cairan manis yang keluar tandan bunga. Rasa manis gula aren didapat dari nira pohon aren atau enau.

Nira dari pohon aren atau enau yang telah disadap itu diambil. Lantas, diproses dengan diolah sampai mengental. Sesudah mengental, adonan dituang dalam cetakan sampai dingin. Gula aren asli dibuat dari 100% nira pohon enau itu. Karena rasanya yang paling ciri khas, pemakaian gula aren ini lebih jarang-jarang dibanding dengan gula semacam.

Langkah Pilih Gula Aren yang Asli

Karena aren susah untuk dicari dan harga tambah mahal, ada pelaku tidak bertanggungjawab yang pada akhirnya membuat gula aren palsu. Gula aren asli dan palsu pasti punyai beberapa ketidaksamaan. Supaya kamu tidak terjerat memperoleh gula yang palsu, lihat beberapa hal berikut ini.

Gula Aren Asli Punyai Struktur yang Halus dan Kenyal
Gula aren palsu umumnya dibuat dari gula pasir yang selanjutnya dikristalkan. Tidak bingung bila selanjutnya gula aren yang palsu punyai struktur yang lebih keras. Hal tersebut benar-benar berlainan dengan gula aren asli yang punyai struktur lebih halus dan kenyal. Gula aren palsu ini teksturnya benar-benar kompak dan kasar. Saat dikerok dengan sendok, akan kelihatan serpihan gulanya.

Kamu akan dapat semakin gampang membandingkannya jika kamu punyai tipe gula aren asli dan palsu. Struktur gula aren asli lebih halus dan berasa lebih “kenyal” bila dibanding dengan gula yang palsu. Itu karena gula aren yang asli datang dari cairan aren yang dikristalkan. Hasilnya, wujud gula semi kompak lah yang didapat.

Dapat Dipotong Lebih Gampang
Karena teksturnya halus, gula aren asli biasanya dapat dibelah atau dipotong lebih gampang. Bahkan juga, kamu dapat mengguntingnya dengan tangan kosong. Hal tersebut benar-benar berlainan dengan gula aren palsu yang penting alat untuk mengguntingnya.

Saat kamu menggunting atau pisahkan bagiannya, kamu tidak akan mendapati lubang kecil yang umumnya ada di gula aren palsu. Gula aren palsu kadang ada beberapa lubang pada bagian dalamnya yang membuat kelihatan lebih kasar.

Punyai Warna Cokelat Gelap
Warna legen atau nira dari aren membuat hasil akhir warna yang dibuat ialah cokelat gelap bahkan juga nyaris hitam. Jika dibanding dengan gula kelapa, warna coklatnya itu hampir serupa. Bila dibanding dengan gula-gula semacam, warna cokelat gelap dari gula aren ini ialah warna paling gelap.

Punyai Wewangian dan Struktur yang Ciri khas
Keunikan paling akhir yang susah untuk diikuti ialah wewangian dan struktur gula aren yang unik. Sebagian dari kamu yang tidak asing dengan bumbu dapur, umumnya langsung akan dapat membandingkan gula aren asli dan palsunya ini dari wewangian dan teksturnya.

Wewangian ciri khas dari aren langsung akan tercium dari gula. Demikian juga struktur halusnya. Bahkan juga, saat disaksikan, kamu bisa menyaksikan tidak ada struktur kasar atau berbutir-butir pada bagian luar gula aren itu. Keunikan paling akhir berikut sebagai pertanda termudah khususnya untuk beberapa orang yang telah terlatih menggenggam bumbu dapur.

Rasa Manis Legit yang Sehat
Umumnya, ada pemanis bikinan yang punyai rasa manis legit. Tetapi, tentu saja tidak dengan gula aren, ya. Gula aren punyai rasa manis legit yang tidak akan membuat kamu batuk. Bahkan juga, rasa manis legitnya itu tidak ada rasa pahitnya sama sekalipun.

Panduan Simpan Gula Aren Supaya Lebih Tahan Lama

Karena teksturnya yang semi kompak, lama-lama gula aren akan mencair sendirinya. Yang maknanya, gula akan menetes dan lekat khususnya jika terserang udara panas dan lembap. Untuk menghindar hal tersebut atau membuat gula lebih bertahan lama, kamu dapat turuti panduan simpan gula aren yang pas di bawah ini.

Membeli Seperlunya
Panduan pertama kali yang termudah ialah kamu seharusnya membeli gula aren seperlunya. Sebagian dari kamu kemungkinan membeli banyak sekalian untuk kepraktisan dan harga yang lebih gampang. Tetapi, gula aren bukan tipe gula yang dapat ditempatkan untuk semuanya masakan. Terkecuali, jika kamu punyai usaha yang bahan intinya gula aren, silahkan membeli banyak.

Jika kamu cuma sukai masakan dengan gula aren, seharusnya membeli tidak kebanyakan. Pokoknya, kamu perlu membeli sesuai keperluan dan memprediksi apa gula itu nanti habis. Saat ini, jika kamu tidak ingin repot, online shop juga telah banyak yang sediakan gula aren itu, kok.

Tentukan Tipe Gula Aren yang Berkualitas
Panduan selanjutnya ialah pilih tipe gula aren yang berkualitas. Tidak harus mahal, tetapi kamu perlu yakinkan kualitas dari gula aren yang kamu tentukan itu. Umumnya, gula aren yang berkualitas punyai rasa yang unik dan tidak terlampau dapat tahan lama.

Taruh di Lokasi yang Kedap Udara
Supaya masih tetap tahan lama, pastikanlah kamu menyimpan secara benar. Langkah penyimpanan paling betul ialah simpan di pas yang tertutup rapat seperti topeles kaca atau tempat plastik ziplock. Pastikanlah kamu menghindari gula aren dari sumber air dan panas. Jauhi gula aren dari pancaran cahaya matahari.

Beberapa pakar merekomendasikan untuk menambah beberapa butir cengkeh ke tempatnya. Wewangian cengkeh itu tidak dicintai semut. Jika stock kebanyakan, kamu bisa juga menyimpan di freezer agar lebih aman.

Nach, tersebut beberapa panduan menghindar gula aren palsu dan langkah menyimpan. Jika kamu perlu gula yang berkualitas, saat ini ada, gula pasir yang berkualitas dan bagus untuk kesehatan.