Pengalaman yang indah, namun tidak mau diulang kembali. Kenapa ya ?? Padahal kan indah, hmmmm.. Inilah kata yang sering terbesit dipikiran ketika teman-teman pada sebut yang namanya KKN (Kuliah Kerja Nyata). Mau tau kenapa? makanya buruan KKN haha. Namun pada kesempatan ini saya akan coba berbagi pengalaman KKN saya kepada teman-teman agar teman-teman atau para calon mahasiswa KKN periode 8 (januari-februari) yang lokasinya di Pidie Jaya juga agar teman-teman punya gambaran serta bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi yang namanya KKN. Tidak perlu menghabiskan waktu lama-lama, langsung saja, yukk mari!! Cekidot…. D

Kuliah Kerja Nyata atau sering di singkat dengan KKN merupakan suatu program dimana diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliahan baik dalam bentuk penyelesaian masalah yang ada di lapangan, di masyarakat atau memberikan masukan yang sifatnya bermanfaat dan membangun. Kuliah Kerja Nyata ini diwajibkan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan semester 6. Biasanya program KKN ini akan mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari para petinggi daerah khususya para Lurah karena disamping dapat mambantu pihak kelurahan merealisasikan program yang telah direncanakan juga mahasiswa bisa memberikan program tambahan yang tentunya dinilai berguna bagi masyarakat. Sekarang saya akan coba untuk membicarakan hal-hal yang perlu dianggap urgen ketika melaksanakan KKN. Ini hanya menurut saya, jika ada yang kurang teman-teman bisa tambahkan sendiri. hehe

Pada saat sebelum keberangkatan ke lokasi KKN:
1. Harus sudah mengenal dengan teman-teman yang selokasi dengan anda karena mereka akan menjadi orang yang akan hidup semati dengan anda untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Tetapkanlah struktur organisasi kelompok anda. Jangan lupa bawa perlengkapan ibadah. KKN banyak cobaannya lo, jadi harus kuat-kuat iman. Hihi
2. Jangan lupa bawa perlengkapan pribadi terutama pakaian, uang dan bekal makanan. Buat cewek-cewek sih biasanya ngak mau ketinggalan yang namanya bantal boneka, tapi klo cowok…hmmmm (gak tau)
3. Jangan lupa bawa sedikit buku-buku maupun sumber ilmu lainnya yang teman-teman yakin bisa membantu pada saat dilokasi.
4. Yang paling penting jangan sampai telat bangun karena anda bisa ditinggal temen-teman anda. Jadi berangkat sendiri deh.. haaha
5. untuk memudahkan anda didalam mempersiapkan segala perlengkapan, maka lakukanlah pembagian tugas untuk menyediakan sekaligus membawa barang tersebut.

Pada saat dilokasi KKN:
1. Ucapkan salam dan murah senyum kepada tuan rumah karena walaupun kita mahasiswa (orang yang katanya intelektual, juga serba bisa, sangat dijunjung tinggi lho apalagi masyarakat desa), status kita tetap bertamu (bagi yang KKN bukan di daerahnya sendiri, tapi yang KKN didaerahnya sendiri juga harus salam, kan sunnah) hehe
2. Perkenalkan diri kepada masyarakat dan aparat desa maupun kelurahan. Sebaiknya jika dimungkinkan lakukan peninjauan terhadap lokasi KKN jauh hari sebelumnya setelah mengetahui lokasi KKN, kata singkatnya Survey Lokasi KKN. Hal ini akan membantu anda mengenal area perang sebelum berperang..
3. Lakukan orientasi lapangan. Hal ini dapat membantu anda untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dilapangan secara langsung (melihat langsung) maupun secara tidak langsung (melalui pendekatan berbicara dengan warga, hitung-hitung sekaligus silaturrahmi lah..)
4. Buatlah jadwal program yang akan anda lakukan berdasarkan permasalahan yang timbul maupun program lain yang dianggap bermanfaat tentunya berdasarkan jurusan masing-masing.
5. Jalankanlah program sesuai jadwal yang telah kelompok anda sepakati dengan ikhlas, jujur, amanah, tanggungjawab dan segala sifat-sifat baik lainnya.
6. Selalu bersikap hati-hati terhadap barang berharga yang dibawa atau ketika program kerja sedang dilakukan.
7. Catatan: Jangan menjalankan program yang tidak bermanfaat serta membebani masyarakat karena sewaktu-waktu anda bisa diusir dari daerah tersebut dan terancam gagal KKN.

Pada saat ingin meninggalkan Lokasi KKN (selesai KKN maksudnya):
1. Jangan lupa ucapin terima kasih karena udah menerima teman-teman untuk KKN di tempat itu. Bayangkan aja kalau kalian ngak diterima di situ, bisa-bisa KKNnya ditunda deh tahun selanjutnya.
2. Jangan lupa berikan semacam kenang-kenangan biar ruangan kantor lurahnya maupun kantor desanya kelihatan indah dengan kenang-kenangan itu. Biar kalian bisa dikenang lah.
3. Jangan lupa data dari kelurahan maupun desa udah didapatkan buat keperluan laporan, sekalian tandatangan pada berkas yang dianggap wajib ditandatangani aparat kelurahan maupun desa yang berwenang (bagi yang jauh lokasi KKNnya. Emang kalian mau kembali lagi cuman gara-gara tandatangan doang)
4. Terakhir jangan lupa memberi salam kembali.

Hal penting yang perlu dielakkan:
1. Sifat egois antar anggota: sifat ini akan mampu membuat program yang telah anda rencanakan gagal, maka tanamkanlah sifat kerjasama, senasib dan sepenanggungan yang tinggi.
2. Jaga jarak antar sesama anggota khususnya antara cewek dan cowok karena walaupun kalian senasib sepenanggungan seperti keluarga kecil, tetapi tetap saja masih bukan muhrim.
3. Jaga jarak dengan warga juga perlu lho, apalagi dengan anak muda-mudanya alias pemuda-pemudinya. Tapi kalau ada yang ditaksir, bilangin aja “tunggu setelah saya selesai KKN ya abang-abang , saya mau konsen dulu ni dengan tugas yang saya emban”..wuhiiihh, salut deh buat mereka yang berkata seperti itu. Haha :D (sering-sering aja berzikir biar jauh dari godaan…..)
4. Dan perlu dielakkan juga segala sifat dan sikap yang berpotensi menggagalkan KKN teman-teman.

Nah..Demikian sedikit ukiran dari kursor sebuah komputer jinjing saya (alias laptop) yang dapat saya sajikan buat teman-teman sebagai pembaca maupun calon KKNers. Saran yang dapat saya berikan adalah jalankanlah KKN teman-teman dengan penuh ikhlas dan tanggungjawab serta berilah sesuatu yang bermanfaat kepada warga lokasi teman-teman KKN sehingga bisa membekas dihati mereka. Teman-teman akan merasakan betapa kehilangannya mereka khususnya anak-anak di desa kita KKN akan kita, ketika kita berangkat pulang ke kampus lagi begitu juga teman-teman. Teman-teman akan melihat lambaian tangan yang sebenarnya tidak diharapkan oleh mereka diiringi senyum serta air mata. Selamat berjuang Sobat KKN periode 8 (Januari-Februari). Semoga KKN teman-teman berhasil. Salam KKN dari saya sebagai salah satu mahasiswa KKN periode 7. :)

**tetap semangat, karena semangat itu indah, dimasa-masa indah KKN UNSYIAH

Ilmuilah amalmu dan amalkanlah ilmumu ^_^. By Rienaa