WhatsApp Image 2022-09-08 at 14.48.41

Tips Memilih Furniture yang Tepat Agar Lebih Efektif

Suatu hal yang wajar jika Anda membutuhkan furniture pada rumah, termasuk juga butuh menggantinya dengan yang baru. Jika ada mebel yang sudah rusak, pasti Anda berfikir untuk mendapatkan gantinya yang lebih baik. Atau minimal, memiliki kualitas yang sama baiknya dengan furniture sebelumnya.

Untuk beberapa orang, mungkin memilik furniture bisa dilakukan dengan mudah karena sudah memahami aspek apa saja yang perlu diperhatikan. Tapi sebagian lainnya, atau mungkin termasuk Anda ternyata masih bingung harus memilih furniture yang seperti apa nantinya? Nah, untuk menjawab keresahan Anda sebaiknya simak pembahasan mengenai tips memilih furniture di artikel ini.

 Sesuaikan dengan Kondisi Ruangan

Ketika memilih jenis furniture yang akan diletakkan pada ruangan, setidaknya sesuaikan juga dengan kondisi ruangannya. Jangan sampai Anda ternyata memilih mebel yang tidak tepat dan tidak cocok dengan kondisi ruangan. Yang dimaksud disini tentu saja berkaitan dengan ukuran, bentuk, maupun warna. Karena ruangan yang sudah ada bisa menjadi tolak ukur tentang seperti apa pilihan furniture yang tepat bagi Anda.

Akan terlihat aneh dan mengganggu jika Anda tiba tiba memilih furniture yang terlalu mencolok dan bertentangan dengan tema ruangan. Seperti contohnya saat tema ruangan Anda adalah natural minimalis, lalu Anda memilih satu set dining table dengan material besi berwarna kuning.

Jangan Lupakan Fungsinya pada Ruangan

Tips memilih furniture yang kedua ini juga tak kalah penting, jangan sampai Anda melupakan fungsi furniture tersebut pada ruangan. Selain bentuk dan unsur estetikanya, jangan lupakan fakta bahwa furniture dibutuhkan juga karena fungsinya.

Jika Anda membutuhkan meja makan, jangan memaksa untuk membeli meja tamu karena bentuknya yang terlihat menarik. Ingatlah bahwa Anda butuh meja untuk makan bersama keluarga di rumah. Ingat bahwa Anda butuh meja dengan kapasitas cukup luas. Bukan hanya sekedar meja yang bisa digunakan untuk mempercantik ruangan atau untuk menyajikan beberapa suguhan bagi tamu dengan luas yang tidak seberapa.

Pilih Desain Sesuai Tema Ruangan

Memilih furniture dengan desain yang sesuai dengan ruangan tentu akan menambah nilai positif tersendiri bagi ruangan. Desain yang sesuai dengan tema ruangan akan lebih enak dipandang dan menambah nilai estetika.

Tapi meski demikian, sebaiknya pilihlah desain furniture yang long lasting. Yang tentunya masih bisa digunakan kapan saja dan tak lekang oleh waktu. Perubahan pada desain furniture yang terjadi di kemudian hari diharapkan bisa disiasati dan tetap cocok dengan gaya furniture milik Anda.

Pilih Ukuran Furniture yang Pas

Kondisi raungan setiap rumah pasti berbeda, maka kebutuhan ukuran furniture yang digunakan juga pasti berbeda. Alangkah lebih bijak jika Anda berusaha untuk menyelaraskan antara ukuran mebel dengan luas ruangan yang akan menjadi tempat furniture tersebut diletakkan. Jika ternyata space ruangan yang Anda miliki cukup sempit, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memilih mebel dengan ukuran besar. Tentu akan sangat aneh jika seluruh bagian dari ruangan tersebut dipenuhi oleh furniture.

Simak Juga : Furniture Jepara

Perhatikan juga Pilihan Warna yang Dipilih

Pemilihan warna sebuah furniture akan memberikan efek yang cukup besar pada suasana di dalam ruangan. Jika Anda meletakkan furniture dengan warna yang terlalu mencolok dan kurang sesuai dengan tema ruangan tentu akan cukup menjadi masalah. Jadi, sebaiknya pilihlah furniture dengan warna yang netral. Hal ini bisa menjadi siasat untuk menyesuaikan jenis furniture ini dengan berbagai tema ruangan di rumah.

Tips Memilih Furniture Sesuai dengan Bujet

Yang tak kalah penting dan sangat wajib menjadi perhatian saat memilih furniture adalah bagian ini. Apalagi kalau bukan bujet atau biaya. Anda tak bisa lepas dari pertimbangan ini karena pasti akan berkaitan pula dengan kualitas produk yang Anda beli. Memang tidak semua furniture mahal pasti memiliki kualitas terbaik, tapi jangan juga terlalu mudah terjebak dengan harga yang murah. Untuk berjaga jaga, sebaiknya belilah produk yang diproduksi oleh produsen yang sudah terpercaya.