Kuliah Kerja Nyata (KKN)

KKN2

Mahasiswa selaku agent of change  cukup potensial dalam pembinaan masyarakat di pedesaan. Sebagai salah satu agen pembaharuan dan pembangunan bangsa, mahasiswa memiliki kewajiban dan bertanggung jawab mengembangkan pengetahuan keilmuannya. Ilmu pengetahuan sesuai dengan keilmuan di fakultas masing – masing berguna untuk berbagai aspek kehidupan serta untuk memperkaya nilai- nilai budaya bangsa juga mewujudkan bangsa Indonesia yang bermartabat dan berbudi luhur .

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bagian dari kegiatan akademik yang bersifat sosial, dimana setiap kegiatan berlangsung mahasiswa dituntut untuk terjun langsung bermasyarakat dan menerapkan ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sarana pembinaan bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori ilmu yang didapat selama dibangku perkuliahan. Pelaksanaan KKN melibatkan mahasiswa dan masyarakat  dalam mensukseskan program kerja yang telah direncanakan.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Padang Pasir, Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues, dimulai pada tanggal 10 Juli 2018 sampai 10 Agustus 2018. Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan mampu bekerja di berbagai bidang yang bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dan dedikasi yang tinggi pada masa yang akan datang. Kehadiran mahasiswa KKN di tengah-tengah masyarakat Desa Padang Pasir menjadi bagian dari pembangunan desa tersebut. Dengan demikian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diprogramkan oleh Universitas Syiah Kuala dapat terealisasikan dengan baik, dan dengan harapan setiap mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala harus mampu mewujudkan visi dan misi Universitas Syiah Kuala sehingga tanggapan mendapat positif dari masyarakat  yang ada dilokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN).