PEMBUATAN AMERICAN RISOL

IMG_7059Pembuatan American Risol merupakan salah satu variasi makanan dengan menggunakan bahan yang cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Kegiatan ini disajikan dengan demo masak bersama warga Gampong Pucok Alue Sa. Masyarakat tampak antusias dan bersemangat saat dilaksanakan demo masak.

IMG_6897IMG_7050

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk memberi solusi motivasi dan pengetahuan dalam variasi makanan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kualitas perekonomian warga akan semakin membaik melalui usaha makanan yang dilakukan di rumah tanpa biaya yang besar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2016 di Meunasah dengan jumlah peserta 15 orang.

 

(Syahida Tiara/KIP/PKK)

SENSUS PENDUDUK DAN SENSUS SANITASI PENDUDUK

Populasi penduduk semakin lama semakin meningkat, pertambahan penduduk sangat menarik untuk dibahas karena dengan mengetahui pertambahan jumlah penduduk masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam menata masa depan dan perlu untuk diperhatikan adalah ketersediaan lahan untuk pemukiman, sebab apabila jumlah penduduk bertambah maka lahan untuk pemukiman juga akan diperluas dan lahan-lahan pertanian sangat dibutuhkan seluas-luasnya. Namun faktanya peningkatan jumlah penduduk mengakibatkan lahan pertanian perlahan-lahan menghilang, artinya semakin banyaknya penduduk maka penduduk tersebut akan memerlukan tempat untuk menetap sehingga ketika lahan pemukiman sudah padat maka yang menjadi sasaran adalah lahan pertaian yang dijadikan untuk dijadikan tempat pemukiman.

IMG_20160812_155641

Sensus Penduduk sangat penting dilakukan dan mengupdatenya setiap satu tahun sekali karena dengan inilah seorang keuchik mengetahui seberapa banyak masyarakatnya. Karena belum adanya data sensus penduduk tahun 2016 maka kami mahasiswa KKN melakukan kegiatan sensus penduduk dan juga sensus sanitasi penduduk dimana sanitasi merupakan hal yang sangat  penting dalam lingkungan hidup sehat, dengan sanitasi yang baik akan menjadikan lingkungan yang bersih dan bebas dari penyakit.

Kegiatan ini telah dilaksanakan selama pelaksanaan KKN yaitu pada tanggal 14 – 24 agustus 2016 di pagi dan siang hari. Kegiatan ini dilakukan dilakukan dari rumah ke rumah warga Gampong Pucok Alue Sa

IMG_20160812_155357

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk membangun hubungan komunikasi yang lebih dekat dengan masyarakat melalui kegiatan seperti ini dan menjadikan masyarakat yang paham akan data kependudukan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendata kembali data kependudukan yang ada di Gampong Pucok Alue Sa dan menambah data baru kependudukan yaitu bidang sanitasi.

Sasaran yang ingin dicapai adalah dengan diadakan kegiatan tersebut diharapkan setiap kebijakan aparatur Gampong Pucok Alue Sa bias bedasarkan data kependudukan sehingga terciptanya kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat

IMG_20160812_155351

Kegiatan ini dilaksanakan 12 kali pada pagi dan siang hari sekaligus dalam rangka silaturrahmi ke warga gampong pucok alue sa.

 

(Ilham Farahmi/MIPA/Statistika)

PEMANFAATAN AQUA GELAS BEKAS MENJADI GANTUNGAN JILBAB

Kita semua tahu dimana-mana sangat banyak aqua gelas bekas yang belum dimanfaatkan sesaca efisien, kebanyakan aqua gelas bekas ini dibiarkan begitu saja atau bahkan hanya dibuang menjadi sampah. Bahkan jika sampah-sampah tersebut terbuang sembarangan bisa mengakibatkan banjir dan penyebaran penyakit akibat pencemaran lingkungan tersebut.

FullSizeRender(2rrgrtrf)

Maka dari itu diadakan kegiatan pemanfaatan aqua gelas bekas menjadi gantungan jilbab. Kegiatan ini mendapat dukungan dan respon positif dari adik-adik Gampong Pucok Alue Sa.

FullSizeRender(1gdgdd)

FullSizeRendefdfrrrr

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan agar para adik-adik dapat meningkatkan kreativitasnya, dan memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang sangat layak untuk digunakan. Sehingga tidak ada lagi aqua gelas bekas yang dibuang sembarangan yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kreativitas dan rasa kepedulian adik-adik Gampong Pucok Alue Sa semakin tinggi, sehingga tidak ada lagi barang bekas yang terbuang dan dapat terus berlangsung ke masa-masa yang akan datang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2016 di Dayah Gampong Pucok Alue Sa dengan jumlah peserta 15 orang.

(Siti Maulidini/Pertanian/Agribisnis)

PEMBUATAN SIRUP KELAPA

Sirup merupakan cairan kental dalam air dari gula atau pengganti gula, tanpa penambahan bahan pewangi dan zat obat. Kelapa merupakan salah satu jenis tanaman serba guna dan memiliki nilai ekonomis tinggi, seluruh bagian pohon kelapa dapat memberikan manfaat bagi manusia mulai dari akar hingga bagian daun dan tentunya buahnya. Sebenarnya manfaat buah kelapa ini sangat banyak, dengan dibuatnya menjadi sirup kelapa, yang semulanya hanya sebuah buah kelapa biasa yang dikonsumsi maka nilai ekonomisnya dapat lebih tinggi dari buah kelapa biasa.

FullSizeRendefgffrFullSizeRender(2)

Kegiatan ini adalah salah satu pengabdian ilmu yang dapat saya lakukan di dalam rangkain proses KKN. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi warga Gampong Pucok Alue Sa. Dengan adanya kegiatan ini semoga warga Gampong Pucok Alue Sa ini dapat memahami cara mengolah produk hasil pertanian menjadi suatu produk  yang dapat di jadikan suatu bisnis.

FullSizeRender(4)

Adapun maksud dari program ini adalah untuk memberikan bimbingan atau informasi kepada masyarakat tentang cara mengolah pangan dengan kreatif dan murah. Sedangkan tujuannya agar masyarakat  Gampong  Pucok Alue Sa mempunyai  penghasilan  lebih dan menambah pengetahuan serta tidak mengonsumsi bahan–bahan kimia karena proses pembuatannya dibuat sendiri dan tidak memakai bahan kimia yang berbahaya. Selain itu untuk memberikan motivasi kepada warga agar dapat terampil dalam mengolah air kelapa menjadi sirup dan juga dapat memiliki motivasi lebih dalam mengelola bahan lainnya  seperti ampas kelapa menjadi suatu olahan makanan yang diminati baik di masyarakat. Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah mempraktekkan bagaimana membuat sirup dari air kelapa kepada warga Gampong Pucok Alue Sa khususnya ibu-ibu.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2016 di Meunasah Gampong Pucok Alue Sa dengan jumlah peserta  9 orang.

(Siti Maulidini/Pertanian/Agribisnis)

PENYEBARAN BROSUR KESEHATAN KEPADA WARGA

Brosur kesehatan merupakan salah satu media informasi yang dapat digunakan sebagai bahan edukasi kepada warga. Pemberian brosur ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada masyarakat mengenai penyakit khususnya Hipertensi. Di dalam brosur yang disajikan berupa informasi mengenai definisi, faktor resiko, angka kejadian penyakit hipertensi dan bagaimana pola makan pasien hipertensi.

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan agar pemberian informasi kesehatan kepada warga untuk menambah wawasan warga Gampong Pucok Alue Sa mengenai suatu penyakit dan bagaimana cara penanggulangannya.

3

Kegiatan ini dilaksanakan pada saat yang bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan dan senssu penduduk kepada warga Gampong Pucok Alue Sa.

(Ikrima/Kedokteran/Pendidikan Dokter)

BELAJAR MEMBECA AL-QURAN DENGAN BAIK DAN BENAR

Bidang kegiatan yang dipilih adalah bidang keagamaan, yaitu mengajar anak-anak Gampong Pucok Alue Sa mengaji di Dayah Gampong pucok Alue Sa.

20160915_2307

Maksud dari  kegiatan ini adalah untuk mengajarkan anak- anak Gampong Pucok Alue Sa membaca Al- Qur’an. Dengan tujuan agar anak- anak Gampong Pucok Alue Sa bisa membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Dan sasaran yang dari kegiatan ini adalah anak- anak Gampong Pucok Alue Sa.

20160915_2055 20160915_2576

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2016 di Dayah Gampong Pucok Alue Sa dengan jumlah peserta 18 orang.

(Nurliza Masyitah/Teknik/Teknik Geofisika)

PENGOLAHAN SUSU KENTAL MANIS MENJADI ES KRIM SEDERHANA

Susu merupakan minuman sehat yang sangat sering dikonsumsi oleh anak-anak. Susu yang dicampur air dan langsung diminum akan berbeda sensasinya apabila susu tersebut dapat kita oleh menjadi sebuah es cream sederhana yang bikin kita ketagihan ketika menyicipinya.

20160915_8721

Kegiatan ini adalah salah satu pengabdian ilmu yang dapat saya lakukan di dalam rangkain proses KKN. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi warga Gampong Pucok Alue Sa. Dengan adanya kegiatan ini semoga warga Gampong Pucok Alue Sa ini dapat memahami cara mengolah produk hasil pertanian menjadi suatu produk  yang dapat di jadikan suatu bisnis.

20160915_5966 20160915_9373

Adapun maksud dari program ini adalah untuk memberikan bimbingan atau informasi kepada adik-adik tentang cara mengolah susu dengan kreatif dan murah sehingga menjadi es cream sederhana. Sedangkan tujuannya agar adik-adik Gampong Pucok Alue Sa tidak perlu lagi membeli es dengan sembarangan, karena dengan kita membuat sendiri lebih praktis, mudah dan pasti terjamin kualitasnya.. Selain itu untuk memberikan motivasi kepada adik-adik agar dapat terampil dalam mengolah susu. Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah mempraktekkan bagaimana membuat es cream sederhana sehingga dapat memotivasi adik-adik Gampong Pucok Alue Sa untuk tidak membeli jajan sembarangan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2016 di Dayah Gampong Pucok Alue Sa dengan peserta yang hadir sekitar 20 orang.

(Nurliza Masyitah/Teknik/Teknik Geofisika)

PENOMORAN RUMAH WARGA GAMPONG PUCOK ALUE SA

20160915_5806

Kegiatan pemasangan nomor ini dilakukan untuk memudahkan dalam pendataan rumah penduduk gampong Pucok alue Sa. Dan hal lainnya, memudahkan warga luar yang ingin berkunjung ke rumah warga Gampng Pucok Alue Sa, karena setiap dinding rumahnya sudah tertera nomor rumah.

20160915_919

Maksud dari kegiatan ini adalah agar pemasangan nomor rumah warga Gampong pucok Alue Sa dapat tersusun rapi . Begitu juga dengan dilakukannya pemasangan nomor rumah, dengan tujuan agar pendataan  warga Gampong Pucok Alue Sa dan pemasangan nomor rumah dapat tersusun rapi.

20160915_4882

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18-19 Agustus 2016 dalam rangka membantu Geuchik Gampong Pucok Alue Sa dalam penomoran rumah yang terdapat di Gampong tersebut.

(Nurliza Masyitah/Teknik/Teknik Geofisika)

PERLOMBAAN DALAM RANGKA PERINGATAN 17 AGUSTUS 2016

Kegiatan perlombaan 17 Agustus ini kami lakukan di Gampong dan di kecamatan. Kami membagi perlombaan 17 Agustus menjadi dua kategori yaitu perlombaan hiburan dan edukasi. Perlombaan hiburan terdiri dari lomba panjat pinang yang kami laksanakan di Gampong Pucok Alue Sa. Sedangkan untuk cabang edukasi kami mengadakan 3 perlombaan yaitu lomba mengahafal surah pendek, pidato bahasa Indonesia, membaca proklamasi, tilawah, lomba nari, membaca puisi, cerdas cermat dan adzan yang kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan yang panitiannya merupakan anak KKN Unsyiah Kecematan Simpang Ulim dsn kegiatan ini di laksanakan selama dua hari pada tanggal 29 – 30 Agustus 2016 bertempat di Kantor Camat Simpang Ulim.

20160915_9087 20160915_8097 20160915_7250 20160915_7085 20160915_1499

Kegiatan ini kami lakukan demi membuat anak-anak termotivasi juga agar terjalinnya hubungan silaturrahmi antar gampong disini.

AT237

SENAM PAGI

Kegiatan senam pagi ini dilaksanakn pada hari Minggu, 14 Agustus 2016. Program ini dilaksanakan oleh seluruh anggota kelompok AT237 yaitu Siti Maulidini, Masyitah, T. Eru Fadhilah, Syahida Tiara dan Ilham Farahmi, kecuali Nurliza Masyitah. Karena pada hari itu Nurliza sedang jatuh sakit. Kegiatan ini hanya sekali dilakukan selama masa KKN. Senam pagi membuat tubuh kita menjadi bugar, segar dan sehat. Pada kegiatan hanya anak – anak yang semangat hadir, sedangkan untuk orantuanya lebih memilih ke sawah atau mengerjakan yang lainnya.

2_2883

2_8680

AT237

“Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tunjukan Pemuda & Pemudi Berbakti Untuk Masyarakat”