feed instagram

Apakah Feed Instagram yang Bagus Bisa Berdampak pada Penjualan

Apakah Feed Instagram yang Bagus Bisa Berdampak pada Penjualan

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Saat ini, Instagram telah menjelma menjadi ujung tombak penting bagi bisnis. Posisinya amatlah strategis untuk dapat berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan sekaligus mendatangkan penjualan.

Memikirkan dan merencanakan konten apa yang akan diunggah sudah menjadi makanan sehari-hari dalam mengelola sebuah Instagram bisnis. Selain isi, sisi estetikanya pun juga turut dipikirkan. 

Jasa social media management akan melakukan ini semua bagi para pebisnis yang memakai layanannya. Tahukah bahwa kerapian dan keindahan hasil postingan feed Instagram dapat pula mendatangkan dampak yang amat berpengaruh bagi bisnis?

feed instagram

Tampil dengan Kesan Lebih Profesional

Tidak hanya foto yang high-resolution, tema pun tak kalah penting untuk ditentukan. Usahakan untuk menggunakan satu tema yang jelas sekaligus catchy untuk feed Instagram. Tema yang jelas akan menjadi identitas bagi brand itu sendiri. 

Dengan feed Instagram yang rapi, tematik, dan estetik maka hal tersebut akan mendatangkan kesan profesional. Kesan ini pun pada akhirnya dapat memunculkan kepercayaan dari pelanggan. Dengan keyakinan yang didapatkan maka kemungkinan pelanggan untuk membeli produk akan semakin besar.

Meningkatkan Brand Awareness

Feed Instagram yang rapi, menarik, dan berciri khas akan menumbuhkan brand awareness yang semakin kuat. Feed Instagram yang memiliki karakteristik tersendiri akan memudahkan followers untuk mengingatnya dengan baik.

Berbekal hal inilah konsumen pun niscaya akan langsung mengingat ketika mereka menginginkan barang atau jasa yang bersangkutan. 

Baca Juga : Asphalt Sand Sheet

Mendapatkan Banyak Followers

Dengan adanya kesan profesional maka followers otomatis akan berdatangan dengan sendirinya. Orang mengikuti suatu akun karena merasa menyukainya dan akan mendapatkan manfaat dari akun tersebut. 

Oleh karena itu, feed Instagram yang apik akan menarik lebih banyak pengikut. Keindahan feed Instagram juga akan membuat pengunjung betah melihat-lihat dan scrolling lebih lama.

Semakin mudah dikenali maka konten akan cenderung lebih mudah mendapatkan like dan komentar dari followers. Semakin banyak followers akan membuat produk semakin dikenal luas dan peluang mendapatkan penjualan pun kian terbuka lebar.

Sekarang adalah eranya visual memainkan peran utama dan berpengaruh amat besar. Oleh karena itu, tampilan Instagram yang rapi, bertema jelas, profesional, dan enak dilihat menjadi hal yang memang harus dikedepankan. Hal ini berguna untuk memancing perhatian khalayak yang akhirnya akan membawa pada terciptanya penjualan.

Bagi pebisnis ataupun pemilik usaha tak perlu merasa bingung atau kesulitan lagi dalam hal ini. Jasa social media management siap membantu para entrepreneur dalam mengelola segala jenis media sosial, termasuk Instagram. Tinggal satu langkah mudah menghubungi jasa dan dapatkan tampilan Instagram yang lebih menarik sekaligus mampu mendatangkan banyak pelanggan.

Asphalt Sand Sheet

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Aspal sand sheet merupakan campuran yang terdiri dari pasir dan aspal, kemudian dicampur serta dipanaskan di tempat terbuka menggunakan peralatan seadanya. Proses pencampuran dan pemanasan dilakukan di lembaran yang terbuat dari besi, lalu diletakkan di permukaan atas drum yang sudah tidak digunakan. Proses pemanasan adukan menggunakan api kayu bakar. Tentu saja komposisi yang benar dan pas akan menghasilkan campuran yang memiliki kualitas terbaik dan lakukan pemanasan bahan material secara terpisah sebelum nantinya akan dicampur agar memperoleh hasil akhir yang bagus. Jangan lupa bahwa ada satu hal yang penting tidak boleh terlewatkan yaitu suhu dari pemanasan harus dikontrol dan diawasi secara teliti untuk memastikan kualitas campuran itu sendiri.

test marshall

Baca Juga : Aspal AC BC

Setelah aspal sand sheet siap untuk digunakan. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses pengerjaan aspal sand sheet ini, berikut tahapannya.

 

  • Penyemprotan

 

Sebelum melakukan pengerjaan aspal (sand sheet) lapisan dasar jalan harus di prime dahulu agar terjadi koneksi yang bagus antara lapisan aspal dengan lapisan dasar. Bahan material untuk melakukan prime adalah aspal yang sudah terlebih dulu dipanaskan dan dicampur dengan minyak tanah. Campuran ini harus disemprotkan secara cermat dan dimanage jumlah penyemprotannya. Setelah proses penyemprotan selesai, jalan mesti ditutup dari aktivitas lalu lintas agar hasil dari penyemprotan prime coat tadi dapat kering dengan maksimal dan berfungsi dengan semestinya.

 

  • Penghamparan

 

Setelah proses penyemprotan prime coat selesai dan lapisannya telah kering serta aspal sand sheet telah melalui proses pencampuran, maka saatnya dilakukan proses penghamparan. Campuran sand sheet tadi harus ditutupi dengan kanvas atau sejenisnya selama perjalanan ke lokasi penghamparan. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas aspal sand sheet tetap baik dan bagus serta mencegah tercampur dengan bahan material lain. Tentunya wadah yang dipakai untuk proses pengangkutan adalah wadah yang mempunyai kondisi baik untuk mengurangi resiko campuran sand sheet tadi tumpah di tengah jalan. Proses penghamparan sand sheet dimulai dari titik terjauh dari lokasi pencampuran aspal. Penghamparan harus dilakukan per setengah bagian jalan. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, maka proses penghamparan campuran aspal sand sheet harus diawasi dengan baik dan cermat.

 

  • Pemadatan

 

Proses yang terakhir adalah pemadatan. Proses ini harus dilakukan secepatnya setelah proses penghamparan selesai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka proses pemadatan harus dilakukan dengan mesin penggilas khusus yang didesain untuk pekerjaan ini yaitu pneumatic double steel drum roller. Sebelum itu pastikan bahwa lapisan atas aspal tetap basah selama dilakukan proses pemadatan. Setelah proses pemadatan selesai maka permukaan aspal sand sheet tadi akan meninggalkan bekas pemadatan, maka dari itu jalan harus ditutup dulu dari lalu lintas berat kurang lebih satu sampai dua jam agar mencegah terjadinya beban berlebihan yang dapat mengakibatkan kerusakan dini.

 

Aspal AC BC

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Sebagai Negara yang memiliki laju  pertumbuhan ekonomi yang cepat, maka peran dari transportasi sangatlah penting. Maka dari itu diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung. Jalan adalah salah satu faktor yang menunjang berbagai aktivitas ekonomi ataupun hal lainnya. Dengan adanya jalan yang nyaman, bagus dan lancar maka akan mempermudah segala aktivitas.

Karena fungsinya yang memperlancar mobilitas menjadikan jalan merupakan salah satu unsur prasarana yang penting. Semua itu tidak terlepas dari pemilihan bahan penyusun yang baik sehingga tidak mudah rusak dan menimbulkan rasa kenyamanan bagi pengendara. Adapun jenis konstruksi yang umum digunakan di indonesia adalah perkerasan lentur dan kaku.

aspal ac wc

Ada tiga macam campuran lapis aspal yaitu AC-WC, AC-BC dan AC-Base. Untuk kali ini kita akan lebih membahas tentang AC-BC. Apa itu AC-BC? Adalah kepanjangan dari Asphalt Concrete Binder Course, merupakan lapisan pengikat yang berada di permukaan dan memiliki gradasi agregat gabungan yang rapat, tebal minimum dari jenis ini adalah 5cm serta biasanya digunakan di jalan yang memiliki lalu lintas yang berat atau hanya untuk sekedar pemeliharaan jalan dan peningkatan kualitas aspal jalan.

Baca Juga : Aspal AC WC

 Dari fungsi Aspal AC- BC diatas maka campuran aspal dituntut harus mempunyai karakteristik campuran yang bagus. Karakteristiknya meliputi stabilitas, fleksibilitas, durabilitas, kekesatan, tahan air serta kelelahan. Berikut penjelasan dari masing-masing karakteristik:

  • Stabilitas

Stabilitas adalah kemampuan aspal dalam melawan deformasi atau perubahan bentuk yang diakibatkan oleh beban lalu lintas. Selain itu, stabilitas juga dapat diartikan sebagai kemampuan aspal dalam menerima beban lalu lintas tanpa mengalami sedikitpun deformasi atau perubahan bentuk. Jika ingin stabilitas bekerja dengan maksimal maka agregat harus memiliki permukaan yang kasar dan volume aspal yang pas, sehingga permukaan agregat dapat cepat disebarkan dengan rata.

  • Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah soal campuran aspal yang harus mampu mengontrol  lendutan dalam batasan tertentu tanpa mengalami retak sedikitpun. Untuk memperoleh fleksibilitas yang tinggi, maka harus menggunakan agregat yang memiliki gradasi terbuka. Dan tentunya aspal yang digunakan harus berpenetrasi tinggi atau lunak.

  • Durabilitas

Durabilitas yang dimaksud adalah daya tahan dari lapisan perkerasan atau aspal terhadap aus yang diakibatkan oleh beban lalu lintas dan pengaruh cuaca tanpa mengalami pengelupasan aspal dari butiran-butiran agregat. Perlu diketahui bahwa perubahan cuaca dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan aspal. Namun terdapat faktor yang bisa membuat durabilitas meningkat yaitu dengan kadar aspal yang tinggi, rapatnya gradasi agregat, pemadatan secara sempurna serta memilih batuan penyusun aspal yang keras.

  • Kekesatan

Yang dimaksud adalah lapisan permukaan aspal harus memiliki kekesatan yang tinggi agar menjamin keselamatan dan memberikan kenyamanan saat berkendara bagi pengguna jalan, terlebih lagi jika jalan dalam kondisi hujan atau basah. Untuk meningkatkan kekesatan maka kadar dari aspal itu sendiri harus tepat dan memiliki permukaan agregat yang kasar.

  • Tahan air

Tahan air maksudnya adalah ketahanan campuran aspal terhadap masuknya air dan udara. Hal ini sangat perlu untuk mencegah masuknya air dan udara untuk kontak langsung dengan aspal. Perlu diketahui bahwa air dan udara adalah faktor penting dalam terjadinya percepatan penuaan aspal. Selain itu air juga bisa menyebabkan mengelupasnya lapis pelindung aspal yang terdapat di permukaan.

  • Tahan terhadap lelah

Ketahanan terhadap lelah adalah ketahanan aspal dalam menahan beban lalu lintas di atasnya yang terjadi secara berulang-ulang tanpa sedikitpun campuran aspal mengalami retak.

 

Aspal AC WC

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Aspal adalah salah satu jenis material untuk bahan perkerasan jalan. Adapun campuran aspal terdiri dari agregat halus, agregat kasar, filler serta aspal itu sendiri. Filler yang dimaksud tadi adalah bahan yang didapat dari hasil pemecahan batu yang dilakukan secara alami maupun buatan. Dan fungsi aspal adalah sebagai bahan pengikat pada campuran.

Karakteristik campuran pada Aspal AC-WC menggunakan filler. Abu terbang batu bara adalah filler yang umum digunakan. Abu terbang batu bara merupakan endapan partikel halus yang diperoleh dari hasil pembakaran batu bara. Abu terbang batu bara masuk dalam kategori limbah industri yang memiliki potensi tinggi atau cocok untuk digunakan sebagai bahan tambahan pada konstruksi jalan. Abu terbang batu bara bisa dijadikan sebagai filler dikarenakan ukuran partikel yang halus dan abu terbang batu bara memiliki fungsi sebagai bahan pengisi rongga serta pengikat aspal. 

aspal ac wc

Beton Aspal (AC-WC)

Aspal merupakan salah satu jenis lapis perkerasan konstruksi jalan. Perkerasan jenis aspal ini merupakan campuran dari agregat dan aspal itu sendiri sebagai bahan pengikat. Konstruksi perkerasan terdiri dari lapisan yang ditumpuk diatas tanah. Lapisan itu berfungsi untuk menerima semua aktivitas maupun beban lalu lintas yang terdapat di atasnya dan membagi ke lapisan dibawah. Berikut ini adalah lapisan penyusun konstruksi jalan,

  1. Lapisan permukaan
  2. Lapisan pondasi atas
  3. Lapisan pondasi bawah
  4. Lapisan tanah dasar

Jenis lapisan aspal campuran panas dibagi menjadi tiga yaitu lapisan aus (AC-WC), lapisan pengikat (AC- BC) dan lapisan pondasi (AC- Base). Namun kali ini kita akan lebih berfokus pada lapisan yang dikenal sebagai AC-WC. Lapisan aus atau dikenal juga dengan sebutan AC-WC memiliki tebal minimum 4 cm. Lapisan ini merupakan lapisan yang kontak langsung dengan roda kendaraan. Maka dari itu lapisan ini dirancang dengan sebagaimana mestinya untuk tahan terhadap cuaca, tekanan dan gaya geser, serta tahan air untuk lapisan dibawah.

Baca Juga : Chevron Marka

Campuran Aspal AC-WC

Bahan penyusun aspal terdiri dari agregat halus, agregat kasar, bahan pengisi atau filler dan bahan pengikat yaitu aspal. Bahan penyusun tadi harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh badan yang berwenang. Berikut adalah persyaratan umum untuk agregat penyusun:

  • Agregat Kasar

Agregat kasar adalah agregat yang tertahan saringan. Harus bersih, awet, keras dan bebas dari bahan apapun serta memenuhi ketentuan.

  •  Agregat Halus

Agregat halus adalah agregat yang lolos saringan dan harus memenuhi persyaratan dibawah ini:

  1. Agregat halus harus terdiri dari pasir dan batu pecah yang lolos ayakan.
  2. Agregat halus harus ditumbuk agar terpisah dari agregat kasar.
  3. Pasir bisa digunakan dalam campuran penyusun aspal asalkan hanya 10% dari yang sudah ditentukan.
  4. Agregat halus harus berasal dari bahan yang bersih, keras, dan bebas dari apapun.
  5. Agregat halus dan pasir harus ditata secara terpisah dan dimasukkan ke mesin pencampuran aspal agar rasio dari agregat halus dan pasir dapat terkontrol dengan baik.
  • Bahan Pengisi atau Filler

Bahan pengisi atau filler yang dimasukkan harus kering, bebas dari gumpalan, harus sudah lolos dari uji penyaringan, minimal 75 % yang lolos dari uji saring, memiliki sifat non plastis serta harus memenuhi gradasi yang sudah ditentukan.

  • Bahan Pengikat atau Aspal

Aspal adalah bahan material yang berwarna hitam atau coklat tua, berbentuk padat. Jika dipanaskan pada temperatur tertentu, aspal dapat berubah wujud menjadi cair.

 

Chevron Marka

Chevron Marka

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Anda pernah melihat marka jalan garis serong yang ujungnya bercabang membentuk segitiga? Lalu apa maksud dari marka jalan itu? Bagaimana aturan berkendara saat melewati marka jalan serong tersebut? Untuk tau lebih detail, kami punya ulasan lengkapnya di bawah ini?

Ada kondisi lalu lintas dimana keberadaan marka jalan membujur garis utuh bersambung dengan garis lain. Biasanya terletak di area-area tertentu dan khusus yang disebabkan perlu adanya marka jalan lain sebagai tanda kepada pengguna jalan. Seperti Marka jalan garis serong berupa garis utuh dengan bingkai garis utuh berpola chevron biasanya memiliki warna cat putih.

Marka jalan chevron berfungsi sebagai pemberitahuan awal atau akhir pemisah jalan, pengarah lalu lintas, dan kendaraan yang akan mendekati pulau lalu lintas. Marka jalan chevron ini ditempatkan pada perkerasan jalan setelah marka garis pendekat dan sebelum halangan atau pulau jalan.

Ketentuan yang tertera di atas tidak berlaku bagi petugas yang sedang bertugas mengatur lalu lintas dan petugas instansi tertentu sesuai wewenang yang dimilikinya dengan kewajiban memasang lampu isyarat berwarna kuning. Marka jalan chevron ini menghadap arah lalu lintas untuk menyatakan

  • Daerah yang tidak boleh dimasuki kendaraan pada lalu lintas satu arah.
  • Pemberitahuan awal akan melalui pulau lalu lintas atau median jalan pada lalu lintas satu arah.
  • Pemberitahuan awal akan ada pemisahan atau percabangan jalan pada lalu lintas satu arah.
  • Larangan bagi kendaraan untuk melintasi pada lalu lintas satu arah.

jasa marka jalan

Spesifikasi marka jalan chevron

Pembuatan marka jalan chevron harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan berikut ini

  • Tebal garis bingkai minimal 0,50 m.
  • Tebal garis serong minimal 0,30 m.
  • Jarak celah antar garis serong minimal 1 m.
  • Sudut garis serong berada pada 45° terhadap lalu lintas.
  • Panjang daerah arsir atau garis serong minimal 10 m.
  • Lebar garis serong minimal 0,10 m dan 0,15 m jika terpasang pada jalan tol.
  • Jarak akhir daerah arsir 2 m dari ujung penghalang atau pulau jalan.

Hal yang harus diperhatikan oleh jasa marka jalan saat mengerjakan marka adalah pemasangan marka jalan harus mengikuti ketentuan keselamatan kerja yang berlaku, termasuk penggunaan rambu-rambu kerja agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Pemilihan bahan material cat dan penerapan marka jalan perlu memperhitungkan kondisi lingkungan, curah hujan, volume kendaraan sehingga marka jalan dapat bertahan sesuai dengan usia rencana.

Jangan khawatir jasa marka jalan kami kini hadir untuk anda. Kami melayani jasa pengecatan marka jalan desa hingga kabupaten / kota, zebra cross, zona selamat sekolah, yellow box junction, trek khusus jalur sepeda dan bus, rumble stripe, landasan pacu pesawat dan sebagainya.

Baca Juga : Jasa Pengaspalan

Keunggulan CV Marka THERMOBAIK

  • Harga terbaik dan kompetitif

Kami menawarkan jasa marka jalan dengan harga murah dengan hasil akhir memuaskan dibandingkan dengan kompetitor jasa marka lain.

  • Bahan material SNI

Penggunaan bahan material yang kami miliki telah berlabel SNI yang sesuai dengan ketentuan dinas perhubungan agar umur marka jalan awet sesuai dengan usia rencana. Dan hasil akhir pengecatan terang dan jelas terlihat di segala cuaca dan kondisi.

  • Berpengalaman dan terpercaya

Semua tenaga kerja yang kami miliki telah kami seleksi dengan ketat dan telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pembuatan marka jalan. Kami juga membekali mereka dengan pelatihan keselamatan kerja guna meminimalisir angka kecelakaan kerja. 

  • Alat-alat modern

Peralatan dan mesin yang kami miliki canggih dan selalu dilakukan perawatan secara berkala agar prima pada saat digunakan.

Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi layanan konsultasi jasa marka jalan kami sekarang juga.

 

Jasa Pengaspalan

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Belakangan ini, Jasa Pengaspalan Jakarta tengah marak diperbincangkan. Pasalnya, belakangan ini warga Jakarta tengah marak memperbarui jalanan Jakarta  yang rusak menggunakan jasa aspal hotmix Jakarta. Jalanan yang semula rusak, dan sempit, kini menjadi jalanan yang besar, dan tidak ada lubang sedikitpun disetiap sudutnya. 

jasa pengaspalan

Dengan adanya kontraktor aspal Jakarta, jalanan licin dan berlubang di daerah rawan macet serta banjir mulai berkurang. Jasa pengaspalan ini tentunya sangat membantu para pengendara motor, dan mobil dalam menikmati perjalanan mereka,, keselamatan para pengendara pun semakin terjamin. Jasa aspal hotmix memang sudah terbukti kualitas dan hasilnya, buktiknya jalanan Jakarta yang rusak dalam waktu singkat kembali seperti baru. 

 

Jasa pengaspalan Jakarta tentunya tidak bergerak untuk mengaspal jalanan raya besar saja, jalan-jalan penghubung juga bisa menggunakan jasa kontraktor aspal untuk memperbaiki jalanan yang berlubang, atau sudah tidak layak dipergunakan. Untuk mencari tahu informasi mengenai jasa aspal hotmix, tentunya jasa ini sudah tersebar luas, dan kalian bisa dengan mudah mencarinya melalui internet.

 

Selain memperbaiki jalanan yang rusak, jasa aspal jalan juga bisa untuk memperluas jalanan yang sempit, sehingga para pengendara bisa leluasa bergerak tanpa hambatan. Memperluas jalanan yang terbilang sempit pun bisa mengurangi kemacetan yang sangat sering terjadi di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Jalanan yang sempit juga, membuat truk-truk besar sulit mengakses jalan, sehingga menyebabkan kemacetan sementara.

jasa aspal hotmix

Para kontraktor aspal Jakarta tentunya akan sangat senang jika jasa mereka digunakan untuk tujuan yang baik, dan secara tidak langsung pengaspalan jalan ini memudahkan para kontraktor aspal yang juga menggunakan jalanan umum. Seperti yang kita ketahui, tidak sedikit jalanan di Ibu Kota yang rusak, mangkanya peran Jasa Pengaspalan Jakarta ini sangat dibutuhkan kedepannya. 

 

Jika semua jalanan di Jakarta sudah diperbarui, bukankah itu sangat menguntungkan untuk penekanan angka kemacetan yang terjadi setiap harinya? Lalu, jika jasa pengaspalan jalan Jakarta ini digunakan untuk memperbarui jalan penghubung, para pengendara pun tidak akan memotong ke jalan lain lagi karena alasan jalan penghubung yang seharusnya mereka lewati rusak, dan tidak layak untuk dilewati. 

 

Sebagai sesama pengguna jalanan, tentunya kita tahu seberapa terganggunya ketika menemukan jalan yang rusak, dan berlubang. Belum lagi jika jalan yang berlubang itu tergenang air, sehingga sulit bagi para pengendara untuk mengetahui apakah jalan yang akan mereka ambil itu atau tidak. 

 

Banyak sekali orang-orang yang terjatuh karena melewati jalan berlubang yang tergenang air, karena mereka tidak tahu jika jalanan yang tergenang air itu berlubang. Bisa dibayangkan jika masih banyak sekali jalanan yang berlubang di Jakarta, akan jadi seperti apa nantinya keamanan para pengendara?  

 

Kita mungkin sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari jalanan yang berlubang, akan tetapi yang menjadi masalahnya kita tidak tahu di mana letak lubang-lubang tersebut jika tergenang air. Mungkin, setelah musim hujan, masalah itu akan hilang untuk sementara waktu, tapi bukan berarti jalanan yang berlubang, dan menghambat laju kendaraan bisa dibiarkan begitu saja. Tentunya jasa pengaspalan jalan ada untuk mengatasi masalah tersebut.

kontraktor jalan

Semakin digunakan dengan baik, semakin berguna juga jasa pengaspalan jalan di setiap daerah, tak terkecuali daerah-daerah di luar Kota Jakarta. Jasa hotmix Jakarta juga bisa digunakan untuk mengaspal jalan-jalan kecil, seperti jalan di perumahaan, perkampungan, atau bahkan di pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk Kota. Jasa Pengaspalan Jakarta tentunya bisa ditemukan di setiap sudut kota Jakarta. 

 

Bisa dibayangkan jika jasa pengaspalan jalan ini tidak ada? Bagaimana keadaan jalanan yang akan kita lalui? Mungkin seluruh jalan penghubung, dan jalan utama masih berbentuk batuan serta tanah yang bisa mengakibatkan hambatan dalam  berjalannya sistem operasi kendaraan umum, industri, dan pribadi. 

 

Berapa sering kemacetan yang terjadi jika jalanan di Negeri ini bukan aspal seperti sekarang? Angka kecelakaan pun tentunya akan sangat banyak, karena jalanan bisa saja licin, atau kendaraan yang berlalu lalang tidak bisa melewati jalan bebatuan sehingga terjadilah sebuah kecelakaan. Bukankah jasa hotmix aspal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat maupun pemerintah?

 

Kita harus bersyukur, karena jasa pengaspalan kini tersebar luas di setiap kota, dan memudahkan siapapun untuk menggunakan jasa pengaspalan jalan tersebut. Di Jakarta saja, ada sekitar 30 perusahaan yang menyediakan jasa pengaspalan yang tentunya tidak mematok harga tinggi untuk penggunaan jasa yang mereka sediakan. Beberapa kontraktor aspal Jakarta mematok harga Rp, 60.000/m2, jadi kita hanya tinggal menghitung seberapa luas jalan yang akan dicor. 

 

Walaupun sudah banyak sekali jalan-jalan yang diperbaiki, dan diperbarui kembali, namun nyatanya masih banyak jalan-jalan rusak yang belum tereksplor oleh pemerintah. Padahal jalan tersebut sering kali dilalui oleh mobil-mobil besar, dan karena hal tersebut para pengendara harus berhenti untuk memberikan jalan pada kendaraan besar seperti truk, container, dan bus agar mereka bisa melewati jalan tersebut. 

 Baca Juga : Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kadaluarsa

Mungkin jika jalan yang rusak tersebut diperbaiki, dan diperluas kendaraan kecil maupun kendaraan besar bisa berlalu-lalang dengan mudah di jalanan tersebut. Hal tersebut juga bisa mengurangi persentase kecelakaan yang mungkin saja terjadi di daerah tersebut. Jasa Pengaspalan Jakarta tentunya bisa menjadi pilihan yang baik untuk menanganinya.  

 

Pengaspalan jalan tidak hanya dilakukan untuk memperbaiki jalanan yang rusak, jasa pengaspalan jalan juga digunakan untuk membangun jalan di suatu daerah, atau diranah lain. Contohnya, membangun jalan tol, tentunnya jasa pengaspalan jalan ini sangat dibutuhkan, atau opsi keduanya, ketika sebuah perusahaan membangun perumahan, jasa pengaspalan akan dipergunakan untuk membuat sebuah jalan di dalam perumahan.

 

Untuk membangun sebuah jalan, tentunya para penyedia jasa pengaspalan jalan harus menyiapkan bahan yang akan mereka gunakan. Nah, apakah kalian tidak penasaran, apa saja sih yang harus digunakan untuk membuat sebuah jalan? Ada sekitar tiga macam bahan yang digunakan untuk membuat jalan, yaitu agregat, aspal, dan bahan pengisi (filter). Tapi, tidak mungkinkan kita membuat jalan sendiri?

 

Maka dari itu, banyak jasa pengaspalan jalan yang bisa membantu kita untuk membuat sebuah jalan. Tentunya, hasil dari jasa mereka lebih baik karena menggunakan bahan yang berkualitas. Dan pengerjaannya pun tidak memakan waktu karena mereka memiliki teknologi canggih yang membuat pembangunan jalan menjadi lebih mudah, dan cepat. 

 

Bisa kalian bayangkan bukan? Jika semua orang harus membuat jalan sendiri tanpa ada teknologi canggih yang membantu pengerjaannya? Entah berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat jalan dengan tenaga sendiri, dan tidak mengandalkan jasa, atau teknologi canggih? Ah, tidak terbayangkan seberapa lelahnya jika harus membuat jalan sendiri. Jika kalian yang berdomisili di Jakarta, jasa kontraktor aspal Jakarta siap membantu kalian. 

 

Lalu apalagi yang kalian pikirkan? Bukankah sekarang waktunya untuk menghubungi perusahaan yang menyediakan jasa pengaspalan jalan? Jasa pengaspalan Jakarta tidak hanya berada di satu tempat saja, dan seperti yang saya katakan sebelumnya, jasa ini bisa kalian temukan di mana saja, sekalipun itu dinternet. 

 

Jasa Pengaspalan Jakarta tentunya sudah banyak membantu pembangunan jalan, dan juga membantu untuk memperbaiki jalanan yang rusak sehingga memudahkan para pengendara untuk mengakses jalan-jalan tersebut. Jasa pengaspalan jalan juga membantu menurunkan persentase kemacetan, dan kecelakan yang terjadi. 

                                     

 

Berapa Lama Produk Kosmetik Bisa Bertahan Sebelum Kadaluarsa

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Kosmetik sudah seperti barang  yang harus dimiliki wanita. Menggunakan kosmetik dapat meningkatkan kepercayaan diri dan  membuat Anda terlihat lebih baik. Harga kosmetik juga bervariasi berdasarkan kualitas dan merek. Beberapa kosmetik  mahal membantu pengguna menghemat uang dan lebih berhati-hati dalam penggunaannya. 

 Memang terkadang mereka  tidak memperhatikan masa simpan produk setelah membuka kemasannya. Kemasan produk biasanya akan menunjukkan tanggal kadaluarsa dan  waktu penggunaan setelah produk dibuka. Periode penggunaan biasanya ditulis dengan simbol PAO atau Periode setelah dibuka diikuti dengan huruf M setelah jumlah bulan penggunaan. Padahal, tanggal kadaluarsa bukan satu-satunya ukuran kualitas produk dan berapa lama produk  bisa digunakan. 

kadaluarsa kosmetik

 Menggunakan produk kadaluarsa dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit dan kesehatan secara keseluruhan. akan terjadi  iritasi kulit, infeksi virus dan bakteri. biasanya, kualitas  dari suatu produk kecantikan akan selalu menurun seiring  waktu berlalu. Saat kemasan dibuka, komponen dalam produk  mulai rusak dan teksturnya  tidak akan sebaik saat pertama kali dibeli. Produk yang  rusak dapat mempengaruhi kondisi kulit, karena bakteri  lebih mudah masuk ke  produk dan menyebabkan iritasi. Anda juga harus mengetahui umur simpan setiap kosmetik untuk menghindari masalah kulit.

Baca Juga : Memilih Bunga Papan

Di sini akan menjelaskan tentang berapa lama produk-produk ini bisa digunakan setelah dibuka. ini adalah beberapa panduan tentang masa kadaluarsa kosmetik berdasarkan jenis produknya yang perlu Anda ketahui. 

  1. Maskara 

Maskara salah satu produk kosmetik mata yang sangat sensitif terhadap bakteri dan jamur. ini disebabkan karena tabung produk kosmetik bagian dalam ini lebih gelap dan lembab dari luarnya. Biasanya, maskara dapat disimpan dan memiliki masa simpan 3 hingga 6 bulan setelah dibuka. setelah itu, lekas singkirkan maskara jika menampakkan tanda-tanda perubahan pada rasa dan mulai bau, karena dapat menyebabkan infeksi mata atau kemerahan. Juga, cobalah untuk tidak berbagi maskara untuk menghindari kemungkinan penyebaran bakteri. 

  1. Eyeliner 

Dibandingkan dengan maskara, eyeliner pensil kurang berisiko terhadap bakteri dan kuman. Namun, karena kosmetik ini mempengaruhi area mata, Anda harus sangat berhati-hati. Penggunaan normal eyeliner adalah hingga enam bulan. Namun, Anda dapat menggunakan pensil eyeliner sepenuhnya jika Anda melakukan hal-hal seperti: 

  • pertajam eyeliner Anda secara teratur dan 
  • bersihkan pensil Anda dengan tisu alkohol jika Anda berisiko terkena infeksi mata. 
  1. Alas bedak cair 

Kosmetik yang disimpan dalam tabung pompa, seperti alas bedak cair, biasanya akan bertahan lebih lama daripada tutup botol yang biasa. Soalnya, pompa di tabung menjaga isi di dalamnya agar tidak menyentuh apa pun. Jika Anda menggunakan alas bedak cair dalam botol biasa, hindari memasukkan spons atau jari langsung ke dalam lubang. Jika alas bedak cair telah melewati tanggal kadaluarsa 12-18 bulan, segera buang. Hal ini juga berlaku ketika tekstur cairan memisahkan atau warnanya memudar. Jika memungkinkan, simpan alas bedak cair pada suhu kamar, di tempat yang kering, jauh dari panas dan kelembaban langsung. 

  1. Kosmetik krim 

Setiap produk kosmetik yang tidak mengering dan tidak memiliki tekstur tepung, yaitu krim, biasanya memiliki masa simpan sekitar enam bulan. walaupun seperti itu, petunjuk penyimpanan dan penggunaan produk kosmetik krim sama seperti penyimpanan kosmetik cair. Tak perlu bingung, beberapa riasan yang lebih cair dan krim antara lain: 

  • stick, jar, atau tube concealer, 
  • bedak padat krim, 
  • pensil highlighter krim, 
  • perona pipi krim, dan 
  • eye shadow. 
  1. Perona pipi bedak, perona mata padat, perona pipi padat 

Kabar baiknya adalah bahwa produk bedak, seperti bedak, eyeshadow padat, dan perona pipi padat memiliki masa simpan hingga dua tahun, jika tetap bersih. Hal ini dikarenakan kandungan air dari kosmetik ini cukup rendah, sehingga cenderung tidak sensitif terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri. 

Namun, segera buang produk padat dengan tekstur lebih kering atau bubuk kasar. Memang, blush on dan eyeshadow dalam bentuk krim harus diganti setiap 1 tahun sekali. Anda juga harus membersihkan sikat secara teratur setelah digunakan. 

  1. Lipstik dan lip balm 

Lipstik dan lip balm adalah produk kosmetik yang bersifat krim dan terutama mengandung SPF. Kosmetik ini biasanya memiliki umur simpan hingga enam bulan. Jika lipstik atau lip balm Anda kering dan kasar saat diaplikasikan, buanglah. Ini juga berlaku ketika Anda mulai mencium bau tidak sedap pada lipstik dan lip balm dari waktu ke waktu, karena komposisi berminyak yang dikandungnya. Meski kadar air dalam lipstik cenderung rendah, infeksi bakteri tetap bisa terjadi karena bibir terus-menerus terpapar bakteri dan kuman. 

  1. Cat kuku (kuteks) 

diantara semua produk kosmetik, cat kuku memiliki masa simpan yang lama, dari 1 hingga 2 tahun. Namun, sebaiknya segera buang produk kecantikan ini karena cairannya terlihat menggumpal dan lengket saat diaplikasikan. Jika cairan dalam kemasan terlihat terpisah dan tidak bercampur lagi setelah dikocok, berarti cat kuku tidak dapat digunakan kembali. Anda dapat memperpanjang umur cat kuku Anda dengan menggunakan pengencer cat kuku.

Seperti disebutkan sebelumnya, tanggal kadaluarsa make up mengacu pada produk yang belum dibuka. Setelah Anda membukanya, hitungan mundur akan dimulai. Karena kosmetik mengandung bahan pengawet. Namun, tidak semuanya mampu melawan bakteri begitu Anda mulai membukanya.  nah itu tadi beberapa produk kosmetik jangka waktu ketika sudah dibuka.

 

Memilih Bunga Papan

Bunga Papan

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Penggunaan bunga papan saat ini masih banyak dilakukan oleh sebagian besar orang, meski zaman sudah berkembang pesat, tradisi yang satu ini belum ditinggalkan. Pemberian bunga papan masih dianggap efektif karena dapat mewakilkan isi hati atau ungkapan perasaan lewat bunga-bunga dan pesan tersemat. Terutama pada waktu pernikahan, saat ini penggunaan bunga papan pernikahan masih cukup jamak di berbagai kalangan, kehadiran bunga papan ini dapat memberikan tambahan yang cukup menarik bagi dekorasi dan pajangan. Terlebih, bunga papan ini mempunyai ranah penggunaan yang luas dengan berbagai konsep yang cukup mendukung.

bunga papan

Bisa dibilang, bunga papan merupakan komponen penting dalam suatu pesta pernikahan, bunga papan cukup bisa memainkan peran yang signifikan untuk menambah kesan menarik pada dekorasi dan rangkaian acara pernikahan yang digelar. Mengingat cukup penting manfaat dari bunga papan ini, makanya harus cermat dalam memilih bunga papan pernikahan ini.

Tips Memilih Bunga Papan

Supaya mendapat kualitas terbaik dan juga maksimal, kamu tidak bisa sembarangan pada saat memilih bunga papan, ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan supaya pemilihan bunga papan tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal. Sebagai referensi, Berikut ini kami berikan cara memilih karangan bunga atau bunga papan, antara lain:

Memperhatikan Ukuran Bunga Papan

Tips yang pertama, yang harus kamu perhatikan apabila ingin memilih karangan bunga pernikahan, yaitu memperhatikan ukuran bunga papan terlebih dahulu. Alangkah baiknya, apabila kamu menyesuaikan ukuran bunga papan terlebih dahulu supaya rangkaian bunga papan tersebut dapat memberikan kesan yang mendalam. Meskipun ini penting, tetapi jangan terlalu fokus terhadap ukuran bunga papan, sebab kamu harus memperhatikan isi atau rangkaian bunga pernikahan yang akan dipakai pada bunga papan tersebut. Terkadang banyak yang memilih bunga papan berukuran besar, tetapi ternyata isi rangkaian bunga yang terpasang cukup minim sehingga membuat bunga papan tersebut kurang menarik.

Memperhatikan Kombinasi Warna Bunga yang Dipakai

Tips kedua yang juga tidak kalah pentingnya untuk dicermati yaitu memperhatikan kombinasi warna yang dipakai pada bunga papan tersebut. Biasanya, warna bunga papan itu ada bermacam-macam. Seorang florist atau penjual bunga tentu mempunyai daftar katalog yang dapat diberikan kepada calon konsumennya supaya mereka dapat memilih bunga papan dengan warna yang mereka suka. Pesta pernikahan adalah rangkaian acara yang penuh dengan kebahagiaan, makanya memilih bunga papan dengan warna cerah adalah sebuah pilihan yang tepat untuk dipakai. Dengan begitu, kehadiran warna bunga yang cerah tersebut dapat membuat dekorasi pernikahan menjadi semakin menarik dan riuh

Mempertimbangkan Memakai Bunga yang Segar

Memilih bunga papan yang berisikan bunga-bunga hampir layu rasanya kurang tepat untuk dipakai, selain dapat memberikan tampilan yang kurang berkesan, bunga-bunga yang tidak segar tersebut dapat mengganggu dekorasi yang sudah dibuat. Jika memang kamu bersungguh-sungguh ingin mengirim bunga papan dalam sebuah acara pernikahan yang ingin kamu datangi, maka ada baiknya kalau menggunakan rangkaian bunga yang masih fresh. Ada bervariasi bunga pernikahan yang dapat disematkan pada papan. Pada saat bunga tersebut berisi bunga-bunga segar, maka bunga papan tersebut dapat bertahan sampai 7 hari yang akan membuat tampilan dekorasi pernikahan terlihat makin luar biasa.

Memperhatikan Kualitas dan Kemampuan dari Florist

Memilih bunga papan pernikahan harus diperhatikan kualitas dan kemampuan yang dimiliki oleh florist yang bersangkutan. Semakin baik kualitas dan kemampuan florist dalam merangkai bunga-bunga maka semakin patut apabila florist tersebut dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan bunga papan.

Florist yang berkualitas pada umumnya dapat menghasilkan karangan bunga yang baik dan harus berkualitas mumpuni. Apabila memang florist tersebut sudah cukup profesional dan mempunyai reputasi mumpuni dalam merangkai bunga, maka tidak ada salahnya jika kamu mempercayai kebutuhan bunga papan kepada florist tersebut.

Mempertimbangkan Harga

Tips terakhir dan yang paling utama untuk diperhatikan adalah dengan mempertimbangkan harga bunga papan tersebut apabila sedang memilih-milih. Faktor harga ini cukup penting untuk melihat kualitas suatu bunga papan dan apa saja yang bisa didapat dari bunga papan tersebut. Ada baiknya, apabila kamu ingin memilih florist bunga papan, harus yang kompetitif dan rasional.

Baca Juga : Konsultan Pajak

Manfaat Apa Saja yang Didapat dari Memberikan Bunga Papan?

Saat ini sudah semakin banyak orang yang mulai tertarik mengirimkan bunga papan pernikahan meski apa-apa sekarang sudah bisa lewat internet, tetapi untuk mengungkapkan perasaan harus ada bukti nyata sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. Nah, apa saja manfaat yang didapat dari memberikan bunga papan ini?

Menjalin Hubungan Terus Terjaga Baik

Salah satu manfaat yang didapat dari mengirimkan bunga papan adalah dapat dipakai untuk menjalin relasi supaya terus terjaga dengan baik. Ketika kamu yang sedang melangsungkan pesta pernikahan mendapat banyak kiriman bunga, maka pengirim tersebut sedang berusaha untuk menjaga hubungan yang baik dan terus dijaga hingga sekarang.

Memeriahkan Suatu Acara

Manfaat penting kedua yang didapat dari mengirimkan bunga papan adalah dapat menjadi sarana untuk memeriahkan suatu rangkaian acara termasuk pesta pernikahan. Saat pesta pernikahan yang digelar tersebut mendapatkan banyak kiriman bunga papan yang relatif banyak, maka itu akan membuat pesta pernikahan jadi makin meriah. Apabila dicermati, pesta pernikahan yang mendapat banyak kiriman bunga dengan bervariasi jenis dan bermacam-macam bunga pastinya kan terlihat lebih indah dan menarik, sebab ada cukup banyak pemandangan bunga yang bisa dilihat dan dinikmati oleh undangan.

Ucapan Selamat

Saat kamu mendapatkan banyak kiriman bunga pernikahan, biasanya berisikan rangkaian selamat untuk menandakan bahwa pengirim juga turut merasa bahagia dengan pernikahan yang digelar tersebut. Dengan adanya kiriman bunga papan tersebut, maka penerima kiriman bunga akan merasa dihargai.

Itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan apabila ingin memilih bunga papan pernikahan serta beberapa manfaat yang juga sudah kami uraikan.

 

Tugas Konsultan Pajak

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Saat ini masyarakat di kota anda atau di tempat lain semakin sadar akan kewajiban perpajakannya. Untuk dapat memenuhi kewajiban perpajakannya, entitas ekonomi terus berbenah diri dengan menjaga pembukuan dan laporan keuangannya tetap rapi. Hal ini dilakukan untuk melengkapi administrasi perpajakan perusahaan dengan tepat. Oleh karena itu, pelaku bisnis akan sangat membutuhkan jasa konsultan pajak untuk membantu hal-hal yang berhubungan dengan perpajakan. Penasihat pajak memberikan saran dan bantuan dalam mengajukan dan membayar pajak bisnis Anda sebagai klien. 

konsultan pajak

Pajak memiliki beberapa peraturan yang agak rumit yang kebanyakan orang  tidak mengetahui dan memahami dengan baik tentang berbagai peraturan terkait. 

 Namun, ini tidak berarti bahwa seseorang dapat mengabaikan kewajiban perpajakannya. Tegasnya, ini diabadikan dalam prinsip-prinsip perpajakan yang menurutnya setiap wajib pajak, orang pribadi atau bisnis, wajib membayar pajak dan melaporkannya setiap tahun. 

 Sebagai konsultan pajak profesional, perusahaan jasa konsultan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua kliennya. Dilengkapi dengan konsultan pajak yang profesional dan dapat diandalkan, pastinya mereka dapat memastikan bahwa semua masalah pajak kliennya akan diselesaikan dengan bantuan yang mereka berikan.

Konsultan Pajak

Penasehat Pajak adalah orang yang memberikan jasa penasehat perpajakan kepada wajib pajak. Layanan ini disediakan untuk tujuan pelaksanaan hak dan  kewajiban perpajakan  sesuai dengan undang-undang perpajakan. Secara singkat dapat dikatakan bahwa konsultan pajak adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membantu wajib pajak menyelesaikan semua masalah yang berhubungan dengan perpajakan. Dengan hadirnya konsultan pajak diharapkan para pihak yang menggunakan jasa konsultan pajak  dapat memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik.  

Selain itu, masyarakat juga berharap dapat merasakan manfaat dari membayar pajak tepat waktu. Bagi kebanyakan orang atau wajib pajak, melalui proses pengajuan SPT  cukup membingungkan jika Anda melakukannya sendiri. Undang-undang perpajakan direvisi dan diperbarui secara berkala, kurangnya pemahaman pelaku bisnis tentang peraturan tentang pendapatan yang diumumkan adalah  contohnya. Akibatnya, sebagai  wajib pajak, Anda dapat melakukan kesalahan yang justru mengurangi kewajiban Anda atau bahkan membayar lebih. Tentunya kedua hal tersebut akan sangat merugikan  wajib pajak.

Baca Juga : Test Marshall

Tugas Konsultan Pajak

Berikut adalah beberapa tugas penasihat pajak perusahaan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan layanan mereka. 

  1. Penasihat pajak memberikan nasihat kepada bisnis atau wajib pajak dan memperkirakan pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak, mengubah pajak, dll. 
  2. Dukungan dalam pembuatan dan pengelolaan data deklarasi sesuai dengan peraturan perpajakan  perusahaan. 
  3. Konsultan pajak dapat mengurangi biaya pembayaran pajak tanpa harus melanggar peraturan dan perundang-undangan perpajakan. 
  4. Wajib Pajak tidak memiliki cukup waktu  untuk peduli dengan perkembangan dunia perpajakan, jasa penasehat pajak bertanggung jawab untuk mengatur pajak  perusahaan sesuai dengan perkembangan peraturan yang berlaku. Penasehat pajak juga diwajibkan untuk menginformasikan wajib pajak tentang peraturan perpajakan terbaru. 
  5. Konsultan pajak akan membantu dengan penilaian wajib pajak, keberatan  wajib pajak, dan  banding  wajib pajak. 
  6. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, Anda dapat mengurangi risiko kesalahan di bidang perpajakan. 
  7. Dapat mengurangi beban perusahaan, sehingga  perusahaan dapat lebih fokus  mengembangkan usahanya. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, bisnis menjadi lebih efisien.

 

Test Marshall Untuk Uji Aspal

Kelompok 183 KKN UNSYIAH 2019 – Dalam dunia pengaspalan, ada yang dinamakan dengan pengujian marshall, pengujian marshall yaitu  pengujian yang dilakukan untuk mengetahui nilai stabilitas dan kelelehan atau flow, serta analisis kepadatan dan pori dari campuran pada yang terbentuk. Di dalam hal tersebut, benda uji atau biasa disebut dengan briket beton aspal padat dibuat bentuk dari gradasi agregat campuran tertentu, sesuai spesifikasi campuran.

test marshall

Test Marshall

Pengujian marshall ini dikembangkan untuk rancangan campuran aspal beton, sebelum membuat briket campuran aspal beton, maka harus memprediksi kadar aspal optimal, mencarinya dengan rumus pendekatan. Sesudah menentukan proporsi dari tiap-tiap fraksi agregat yang tersedia, berikutnya menentukan kadar aspal total pada campuran. Kadar aspal total pada campuran beton aspal ini merupakan kadar aspal efektif yang membungkus butir-butir agregat, ke dalam pori tiap-tiap agregat. Sesudah diketahui estimasi kadar aspalnya, maka bisa dibuat benda uji.

Supaya mendapatkan kadar aspal optimal, biasanya dibuat 15 buah benda uji dengan 5 macam kadar aspal yang tiap-tiap macamnya berbeda 0,5%. Sebelum dilakukan pengujian marshall pada briket, maka harus mencari dulu berat jenisnya dan diukur ketebalan serta diameternya di tiga sisi yang berbeda.

Melakukan pengujian marshall untuk mendapatkan stabilitas dan kelelehan benda uji sesuai prosedur SNI 06-2489-1991-AASHTO T245-90. Parameter dari pengujian marshall yang dihitung, yaitu:

  1. VIM
  2. VMA
  3. VFA
  4. Berat volume
  5. Dan parameter lain.

Sesudah seluruh parameter briket diperoleh, maka dibuat gambar grafik hubungan kadar aspal dengan parameter, lalu bisa ditentukan kadar aspal optimalnya. Kadar aspal optimal adalah nilai tengah dari rentang kadar aspal yang memenuhi marshall test modifikasi. Modifikasi alat marshall ini berada pada alat pemegang benda uji, kalau pada uji marshall konvensional benda uji adalah silinder dengan diameter 10 cm, maka pada alat marshall modifikasi benda uji berbentuk balok yang terdiri dari campuran beton aspal.

Baca Juga : Balon Gas

Benda Uji

Pada alat ini, berfungsi untuk mengukur tingkat ketahanan campuran beton aspal menahan beban lentur dengan three point bending test. Dari tes ini bisa juga akan dapat diukur lendungan maksimalnya, yang bisa ditahan dan di proses penjalaran retak sebelum benda uji mengalami keruntuhan.

Pengujian marshall bisa dimulai dengan persiapan benda uji, untuk kebutuhan ini yang harus diperhatikan adalah:

  1. Bahan yang digunakan sudah sesuai standar
  2. Kombinasi agregat memenuhi gradasi yang sudah ditetapkan
  3. Berat jenis bulk dari semua agregat yang dipakai pada kombinasi dan berat jenis aspal keras harus dihitung terlebih dahulu untuk kebutuhan analisis volumetri
  4. Jumlah benda uji minimal 3 buah untuk tiap kombinasi
  5. Loyang agregat yang telah terukur gradasi dan sifat mutu lainnya sampai temperatur yang diinginkan.
  6. Panaskan aspal terpisah sesuai panas yang diinginkan
  7. Cetakkan diletakkan di dalam oven dengan suhu 930 derajat celcius
  8. Campur agregat dan aspal secara merata
  9. Cetakkan keluarkan dari oven, kemudian siapkan pengisian campuran, setelah campuran dimasukkan ke dalam cetakkan tusuk-tusuk dengan spatula di 10 kali bagian tengah dan 15 kali di bagian tepi.
  10. Tumbuk dengan jumlah 2 x 75 kali
  11. Keluarkan benda uji dari mold dengan extruder pada keadaan dingin
  12. Didiamkan selama satu malam, lalu periksa berat isi 

Langkah Pengujian

  1. Rendam di dalam water bath pada suhu 600 derajat celcius selama 30 menit dan keringkan permukaan benda uji lalu letakkan pada tempat yang tersedia pada alat uji marshall
  2. Atur dial pembacaan stabilitas dan kelelehan yang sudah terpasang pada alat marshall
  3. Lakukan pengujian marshall dengan mengaktifkan mesin penekan dengan kecepatan deformasi konstan 51 mm per menit hingga terjadi keruntuhan pada benda uji
  4. Baca dan catat besar angka pada dial untuk mendapatkan nilai stabilitas
  5. Faktor koreksi dan kalibrasi proving ring akan mendapat nilai stabilitas dan kelelehan

Jasa Pengaspalan

Kami memiliki pengalaman-pengalaman yang dapat membantumu meraih kesuksesan dalam bidang pengaspalan ini, proyek yang sedang kamu kerjakan bisa kami selesaikan dengan baik, untuk itu, segera hubungi kami, apabila ada kendala atau ingin mengerjakan proyek jalan dan lain-lain, kami dengan senang hati menerimanya.


Balon Gas

Balon Gas – Balon terbang atau kerap kali dinamakan dengan balon udara adalah benda sejenis dengan pesawat terbang, suatu balon yang cara mengisinya dipompa dengan udara. Balon terbang bisa terbang di udara sebab daya apungnya. Pada awal kalinya, udara yang dipompakan ini merupakan jenis hidrogen. Sebab adanya risiko ledakan, sekarang gas mulia helium dipakai sebagai alat untuk penggerak.

balon gas

Balon Gas

Pemakaian balon terbang terorganisir dipahami pada saat pengepungan Paris pada tahun 1870 untuk mengirim sebagai kurir dari kepungan tersebut. Kala itu dikirimkan 60 balon. Salah satu balon tersebut yakni Ville de Orléans, melenceng dari jalur dan datang di sekitaran Lifjell, Telemark. Di mana mempunyai massa jenis yang cukup ringan dari udara di bumi.

Hingga kini balon dipakai untuk banyak hal, balon kini banyak dialihfungsikan sebagai balon sablon untuk acara-acara promosi dan iklan , dengan balon akan ada banyak warna yang tercipta sehingga menghasilkan sebuah keindahan yang nyata.

Balon pun juga dipakai untuk promosi, karena balon ini dapat diterima oleh semua kalangan sehingga akan dengan mudah apabila disematkan unsur promosi. Perusahaan-perusahaan pun kini banyak menggunakan balon untuk memperkenalkan produk mereka atau beriklan pada bagian balon.

Makanya balon tidak bisa ditinggalkan meski pada awal penemuannya sudah sangat lama. Maka sebab itu, bagi anda yang penasaran dengan balon ini, berikut ini kami bagikan beberapa informasi mengenai balon.

Suatu informasi yang dapat menambah wawasan dan pemahaman anda seperti mengapa balon ini dapat terbang, seberapa balon bisa terbang dan lain-lain. Tak berlama-lama lagi, simak terus tulisan yang ada di bawah ini.

Screenshot_93

Mengapa Balon Bisa Terbang?

Nah, hal yang menjadi pertanyaan, mengapa balon ini bisa terbang? Tahukah anda mengapa balon yang diisi dengan gas ini dapat terbang tinggi? Gas yang dijadikan bahan isi di dalam balon yakni helium atau hidrogen. Balon Gas helium dapat terbang sebab mempunyai massa jenis gas yang agak ringan daripada massa jenis udara yang terdapat di bumi. Begitu juga dengan gas hidrogen.

Balon hidrogen ini juga lebih cepat melayang dibandingkan dengan balon helium sebab massa jenisnya lumayan lebih rendah. Hanya saja balon helium hidrogen lebih gampang terbakar dan dapat memicu ledakan. Maka sebab itu, sebaiknya anda berhati-hati dengan balon yang isinya gas tersebut.

Akan tetapi balon dengan isi hidrogen sudah jarang ditemui, rata-rata balon yang mudah ditemukan sekarang berisi helium. Ini karena selain memiliki massa jenis lebih ringan, juga tidak mudah terbakar sehingga lebih sering dipakai daripada balon dengan isi hidrogen.

Seberapa Tinggi Balon Bisa Terbang?

Balon kerap kali ditemukan dalam momen-momen tertentu, seperti acara perpisahan sampai acara ulang tahun. Balon dengan isi helium ini dilepaskan sampai akhirnya menghilang di udara. Akan tetapi, pernahkah anda memprediksi seberapa tinggi balon udara ini dapat terbang di udara bebas?

Menelisik sedikit dari hasil penelitian Mental Floss, balon helium bisa mencapai beberapa km di atas permukaan Bumi, tetapi tidak dapat sampai ke luar angkasa. Sementara menurut Robert Matthews dari Science Focus, balon mainan dapat terbang naik mencapai ketinggian 9,6 km.

Sedangkan balon cuaca, terdiri dari bahan yang lebih tahan lama, dan dapat terbang tiga kali lebih jauh dari jarak 9,6 km tersebut. Ini bisa diterangkan dengan adanya dasar hukum Archimedes. Balon itu awal kalinya dapat mengapung sebab heliumnya kurang padat daripada udara yang ada di luar.

Ketika balon naik lebih tinggi, tekanan udara yang ada di sekitarnya turun dan helium di dalamnya dapat mengembang. Pada saat massa jenis balon cocok dengan massa jenis yang ada di udara, kenaikannya tersebut berhenti. Helium yang mengembang menjadi terlalu banyak sampai akhirnya dapat meledak.

Balon Gas juga sejatinya tidak disarankan untuk dilepaskan ke udara. Di samping berdampak pada hewan liar yang ada di udara, balon helium juga bisa mengganggu penerbangan pesawat komersial.

Makanya menjadi sebuah pelanggaran apabila ada orang yang menerbangkan Balon Gas helium dengan jumlah banyak, hal ini dapat dilakukan apabila sudah mengantongi izin dan dilakukan di tempat yang khusus supaya tidak menganggu aktivitas yang lain.

Penjemputan  Mahasiswa KKN Universitas Syiah Kuala (Tanggal: 31 Juli 2019)

Processed with VSCO with kk2 preset Processed with VSCO with c8 preset

 

Kegiatan ini di lakukan di kantor camat Gandrapura di mulai pada pukul 09.00 pagi sampai dengan selesai, semua mahasiswa KKN yang ada di kecamatan gandrapura berkumpul di sini untuk di jemput secara resmi oleh Pihak universitas yang di wakili oleh dosen masing-masing kelompok, acara ini juga di hadiri oleh bapak Camat Gandrapura,dan Geuchik tiap-tiap desa yang di tempatkan kelompok KKN di dalamnya. Di dalam kegiatan ini bapak Camat memberikan sepatah dua patah kata terima kasih karena telah berada di gandrapura selama satu bulan, serta memohon maaf apabila ada perilaku yang kurang menyenangkan dari masyarakat setempat. kemudian di lanjutkan oleh penyampaian kata-kata terima kasih dari perwakilan dosen pembimbing lapangan Mahasiswa KKN Universitas Syiah Kuala kepada pak Camat dan Para Geuchik Masing-Masing Desa.

Acara ini di akhiri dengan sesi foto bersama antara Pak camat, para Geuchik dan para dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN serta sesi bersalaman mahasiswa KKN dengan pak Camat, para Geuchik serta Dosen Pembimbing Lapangan, dengan berakhirnya acara ini menjadi penanda bahwa Masa KKN kami di Gandrapura telah usai, dan sudah di izinkan untuk kembali ke daerah masing-masing. Setelah acara penjemputan ini usai pak Geuchik Kami, yaitu pak Mulyadi mengajak kami makan bersama di Warung Mie kocok yang tidak jauh dari kantor Camat, sulit bagi kami untuk mengungkapkan apa yang kami rasakan pada hari itu dengan kata-kata, intinya kami benar-benar merasa sangat bersyukur di tempatkan di Kecamatan Gandrapura tepatnya di Desa Samuti Aman, yang sampai akhir penjemputan kami, Pak Geuchik masih sangat memperlakukan kami dengan sangat baik, kami tidak akan melupakan semua kebaikan yang telah di tujukan kepada kami, Desa Samuti Aman, kami akan merindu, terima kasih atas segala yang telah di berikan kepada kami, mohon maaf karena kami tidak bisa memberi lebih semoga kita bisa bersua kembali di lain waktu..

Malam Perpisahan Mahasiswa KKN Universitas Syiah Kuala di Gampong Samuti Aman(Tanggal : 30 Juli 2019)  

4 5 6 7 8 9 10

Tepatnya di malam Jum’at Pak Geuchik dan warga Samuti Aman mengadakan acara perpisahan untuk kami, yang mana acara ini di lakukan di rumah pak geuchik sendiri, kami dan masyarakat saling bekerja sama untuk melakukan persiapan agar acara ini dapat terselenggara dengan lancar dan berjalan sesuai dengan yang kami harapkan. Acara ini di awali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh salah satu anggota kelompok KKN BR183, yaitu Wibi Handoko, dan kemudian di lanjutkan oleh sepatah dua patah kata  yang di sampaikan oleh pak Mulyadi selaku geuchik gampong samuti aman, beliau  mengatakan sangat berterima kasih karena pihak universitas telah memilih gampong Samuti Amansebagai tempat untuk berlangsungnya kegiatan KKN, beliau juga meminta maaf apabila ada beberapa tingkah laku dari keluarga dan masyarakat Samuti Amanyang sekiranya membuat kami kurang nyaman,

Acara ini benar- benar membuat kami semua merasa terharu, pasalnya tidak ada yang menginformasikan kepada kami bahwa akan ada acara perpisahan, pak geuchik dan masyarakat menyembunyikannya dari kami atau yang bisa di sebut juga sebagai ‘surprise’. Acara sederhana ini benar-benar berkesan bagi kami semua, yang mana acara ini di isi oleh hal-hal yang bermanfaat, anak-anak Samuti Aman menunjukkan kebolehan yang ada pada mereka, seperti membaca Al-qur’an dengan irama, muraja’ah hafalan surah yang mereka hafal, berpidato, dan ada juga penampilan grup nasyid oleh remaja putri gampong samuti Aman.

Kami duduk bersama dengan masyarakat menikmati acara ini dengan sangat antusias, namun di sisi yang lain perasaan sedih juga ikut menemani kami, karena hari-hari kami di Gampong Samuti Amanakan segera usai, kami berharap bahwa persaudaraan yang terjalin selama sebulan ini tidak usai sampai pada malam itu saja, pak Geuchik juga mengatakan bahwa kapanpun kami ingin kembali , masyarakat Gampong Samuti Amanakan selalu menerima kami dengan tangan terbuka dan mereka sudah mengganggap kami bagian dari Mereka.

Acara ini di tutup dengan penampilan tambahan dari anggota KKN BR 183, yaitu Wibi Handoko dan Zarra Putri Aprilia S, mereka mempersembahkan beberapa lagu yang memanjakan telinga semua yang hadir pada malam itu. Sungguh kami merasa sangat senang dan beruntung bisa berada dan mengenal Masyarakat Gampong Samuti Aman, mereka semua sangat baik dan benar-benar memperlakukan kami dengan sangat Ramah, semoga Gampong Samuti Amand berikan keberkahan, dan Terus menjadi lebih baik untuk kedepannya, Aamiin.

Penyuluhan & Sosialisasi Penggunaan Bahan Tambahan Makanan Pada Jajanan Anak Sekolah di Gampong Samuti Aman(Tanggal : 28 Juli 2019)

2 3 4 1

Hari ini kami mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pengabdian dosen Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dalam rangka acara Sosialisasi Pengolahan Bahan Pangan Kepada Masyrakat. Dari 8 gampong yang menjadi wilayah tanggung jawab bimbingan Bapak Dr. Ismail Sulaiman, S.TP.,M.SC , Gampong Samuti Amanterpilih untuk mendapatkan kesempatan yang sangat baik ini dan secara tidak langsung kami juga merasa sangat senang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen ini.

Tak lupa, segala keperluan untuk terselenggaranya program ini mulai dipersiapkan 1 minggu sebelumnya, baik dari perihal surat – menyurat izin dari Bapak Mulyadi, selaku Keuchik Gampong Samuti Amandan pihak LPPM serta P3KKN Universitas Syiah Kuala. Tanggapan Pak Mulyadi sendiri atas adanya program pengabdian dosen ini yang bertemakan Pengolahan Bahan Pangan Kepada Masyarakat sangat antusias dan memberikan apresiasi positif terhadap terselenggaranya dan kesediaan para dosen Universitas Syiah Kuala untuk memberikan sosialisasi yang tentu akan menambah ilmu serta pengetahuan bagi warga Gampong Samuti Aman. Adapun, para dosen Universitas Syiah Kuala yang turut hadir dalam program pengabdian dosen ini diantaranya adalah Bapak Dr. Ismail Sulaiman., S.TP.,M.Sc dari bidang Teknologi Industri Pangan, Ibu Ir. Syarifah Rohaya, M.p dari bidang Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Ibu Novia Mehra Erfiza, S.TP., M.Agric dari bidang Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak dan Ibu Dr. Dewi Yunita, S.TP., M.Res dari bidang Teknologi Fermentasi.

Adapun program yang diselenggarakan ini berlokasi di Meunasah Gampong Samuti Amanyang ditujukan untuk para anak – anak dan orangtua. Judul dari kegiatan sosialisasi pada hari ini adalah Penyuluhan dan Sosialisasi Penggunaan Bahan Tambahan Makanan Pada Jajanan Anak Sekolah di Gampong Samuti Aman, Kecamatan Gandapura, Bireuen. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman terhadap anak – anak dan juga para orangtua untuk lebih memahami dan memperhatikan jajanan anak – anak dan kandungan yang ada di dalam jajanan tersebut. Kesimpulan dari program sosialisasi ini adalah alangkah lebih baiknya anak – anak dipilihkan makanan yang sudah jelas tertera kandungan komposisinya, label halalnya, label Nomor BPOMnya, tanggal kadaluarsanya dan periksa bahwa kemasan tidak terdapat kerusakan. Dan alangkah lebih baiknya, anak – anak untuk dibiasakan menghindari jajanan – jajanan yang terlalau terang dan pekat warnanya, tidak terjamin higienisnya dan tidak jelas kandungan bahan dari makanan tersebut. Hal tersebut akan sangat berpengaruh untuk kesehatan jangka panjang dan tumbuh kembang si anak.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk pemaparan slide presentasi, video edukasi untuk anak – anak dan sesikit tambahan games diakhir acara. Antusiasme anak – anak dan para orangtua membuat dosen – dosen merasa kagum akan sambutan yang diberikan. Akhir dari kegiatan ini ditutup dengan rangkaian pembagian makanan yang aman dan dibolehkan kepada anak – anak serta sesi foto bersama dengan partisipan dan Keuchik Gampong Samuti Aman. Harapan kami, dengan adanya kegiatan penyuluhan ini tidak hanya sedekar menambah informasi namun benar – benar direalisasikan di kehidupan sehari – hari untuk kualitas hidup anak – anak Gampong Samuti Amanyang lebih baik lagi kedepannya.

Pengenalan Bilangan (Tanggal : 28 Juli 2019)

20 21

Kegiatan ini merupakan program individu terakhir yang direalisasikan oleh M.Alfa Ridzi yang berlokasi di Meunasah Gampong Samuti Aman. . Program yang dipilih yaitu pengenalan bilangan pada siswa Sekolah Dasar. Program ini dipilih karena mengingat saya dari latar belakang matematika dan kondisi beberapa anak yang belum mampu mengenal bilangan dengan baik. Kegiatan ini merupakan suatu solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa SD di Gampong Samuti Aman, khsusnya buat anak-anak yang sulit mengenal bilangan atau belum bisa mengenali bilangan. Adapun tujuan dari dilaksanakannya program ini adalah untuk mepermudah anak-anak SD di Gampong Samuti Aman dalam mengenal bilangan. Realiasi program ini saya kemas dalam bentuk menarik sedemikian rupa, tidak hanya dalam bentuk formal menulis di papan tulis saja. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dikarenakan banyaknya dukungan dari teman teman sekelompok KKN dan antusias dari anak-anak dalam belajar pengenalan bilanganpun sangat semangat apalagi setetelah saya menyanyikan lagu tentang bilangan serta menunjukkan video tentang bilangan untuk anak-anak. Saya berharap anak-anak tersebut dapat memahami bilangan sebagai langkah awal mengenal matematika sejak usia dini.

Pengenalan Huruf (Tanggal 27 Juli 2019)

Kegiatan ini merupakan program individu terakhir yang direalisasikan oleh Wibi Handoko yang berlokasi di Meunasah Gampong Samuti Aman. Program yang dipilih yaitu mengenal huruf pada siswa Sekolah Dasar. Program ini dipilih karena mengingat saya dari latar belakang guru sekolah dasar. Jadi saya mencoba mengenalkan huruf kepada anak – anak sekolah dasar di gampong Samuti Aman. Saya merasa ini merupakan salah satu pengabdian ilmu yang telah saya miliki dibangku perkuliahan yang direalisasikan dalam kegiatan KKN di Gampong Samuti Aman. Kegiatan ini merupakan suatu solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa SD di Gampong Samuti Aman, kususnya buat anak-anak yang sulit mengenal huruf atau belum bisa mengenali huruf. Adapun target dari program ini yakni anak-anak SD Gampong Samuti Aman kelas 1-6 sehingga dapat mempermudah mereka dikarenakan kondisi yang ada di lapangan dimana terdapat anak – anak kelas 4 maupun kelas 6 yang masih belum bisa membaca.  Adapun reaslisasi dari program ini dibantu oleh salah satu teman sesama kelompok BR 183, yakni Safirdha Hanum. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan anak – anak menunjukkan kemajuan kemampuan yang sangat baik. Realisasi program ini saya kemas sedikit dalam bentuk game dengan tujuan melatih daya tangkap anak – anak agar lebih baik lagi dan kepekaan anak – anak terhadap lingkungan sekitarnya. Saya harap anak-anak dapat mengulaginya di rumah dan dapat membantunya dalam mengenal huruf.

19 18

Realisasi Papan Petunjuk Arah Gampong Samuti Aman (Tanggal : 27 Juli 2019)

 Kegiatan ini merupakan realisasi program kelompok terakhir kami, BR 183. Papan petunjuk arah Gampong Samuti Aman ini lebih tepatnya berisikan Petunjuk mengenai arah – arah dusun yang ada di cakupan wilayah Gampong Samuti Aman. Gampong Samuti Aman sendiri memiliki 4 dusun, diantaranya Dusun Alue Geulumpang Bungkok, Dusun Keude Puuk, Dusun Tumpok Lancang dan Dusun Pantee. Tentunya sebelum kami melakuakn realisasi dari kegiatan ini, kami melakukan diskusi terlebih dahulu dengan Pak Keuchik mengenai program ini sekaligus meminta izin. Respon yang diberikan oleh Pak Keuchik sangat mendukung program kami ini. Papan Petunjuk Arah Dusun Gampong Samuti Aman ini terbuat dari besi sepanjang 2 meter dengan papan nama dusun berukuran 1 meter sebanyak 4 buah, dengan pencetakan dan pengecatan nama dusun kami lakukan sendiri sesama anggota kelopon BR 183. Papan petunnuk arah ini kami tancapkan di halaman Meunasah Gampong Samuti Aman. Kami harap dengan adanya program ini untuk Gampong Samuti Aman, dapat menambah fasilitas informasi gampong menjadi lebih baik lagi. 15 Processed with VSCO with c8 preset Processed with VSCO with k3 preset 13 14

Ngaji Yuk, Adik – Adik! (22 Juli 2019)

Pengajian anak – anak Gampong Samuti Aman dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis dari pukul 14:30 sampai pukul 16:30 di Meunasah. Para peserta pengajian terdiri dari anak – anak dengan rentang pendidikan yang belum menginjak TK sampai kelas 6 SD/MIN yang dibagi menjadi 4 kelompok dimana setiap kelompok terdapat satu Tengku. Kegiatan pengajian ini terdiri dari aktivitas membaca Iqra’, menulis huruf sambung Hijaiyah dan menhafal surah – surah. Peran kami, mahasiswa KKN Universitas Syiah Kuala menghadari pengajian ini adalah membantu para Tengku dalam menangani anak – anak muridnya.  Berbagai jenis karakter anak kami temui dari mulai yang hiperaktif, bawel, usil, imajinatif, pendiam dan terlalu perasa menjadi tantangan bagi kami sendiri dalam menyikapi satu – satu anak. Dengan segala jenis karakter anak yang digabung menjadi satu temapat, tentu hal yang paling menajdi masalah adalah kedisplinan anak – anak. Memberi pengertian kepada anak – anak, mengatur untuk duduk manis, mengerjakan tugasnya, mengajari tulisan sambung Hijaiyah bahkan sampai dengan mengajar membaca Iqra’. Anak – anak dengan rentang pendidikan kelas 4 SD/MIN samapai kelas 6 SD/MIN lebih teratur untuk dibimbing. Mereka lebih mudah untuk dijaga kedisiplinannya, dan diberi pengertian yang tidak harus berulang. Di jenjang pendidikan mereka, pelajaran di meunasah ditambah menajdi hafalan surah – surah. Setelah kegiatan pengajian usai, anak – anak diajarkan untuk sholat ashar berjamaah. Salah satu anak laki – laki yang bernama Irham, duduk dibangku kelas 6 SD/MIN cukup menarik perhatian dikarenakan sering dijadikan imam dan suara merdunya pada saat melantunkan lafadz demi lafadz Allah. Melihat anak – anak seumuran mereka mulai dibiasakan untuk sholat berjamaah membuat hati damai. Semoga anak – anak ini terus tumbuh dan berkembang menjadi anak – anak yang dapat terus memegang teguh iman dan agamanya. 8 9 10 11 12

Para Laskar Samuti Aman (Tanggal: 21 Juli 2019)

Hari ini kami memutuskan untuk tidak menjalankan program apapun dan lebih memilih untuk melakukan interaksi lebih dekat lagi kepada anak – anak Gampong Samuti Aman, yang biasanya hanya kami lakukan sekedar bertemu di Meunasah pada saat mengaji atau pada saat kegiatan les privat. Wacana hari ini kami hanya sebatas menikmati berinteraksi dan bermain dengan anak – anak gampong. Pukul 15:00 WIB kami membuka Posko KKN Mahasiswa Universitas Syiah Kuala dan anak – anak mulai berdatangan. Perbincangan singkat kami lakukan dengan beberapa anak dengan kisaran usia anak – anak yang duduk di kelas 1 SD/MIN sampai kelas 2 SMP.  Interaksi yang kami lakukan dengan anak – anak Gampong Samuti Aman sekaligus ingin menggali lebih dalam lagi mengenai masalah sekolah, hambatan – hambatan yang menyulitkan mereka dan minat mereka seperti apa yang sebenarnya terdapat di diri masing – masing anak. Dominan permasalahan yang kami dapatkan adalah mengenai kurangnya lancar membaca. Bahkan, kasusu berat yag kami hadapai adalh ketika seorang anak yang dudukdi bangku kelas 5 SD masih belum dapat membaca. Akhirnya, anak tersebut kami bimbing lebih ketat lagi untuk melatih bacaannya yang mana pelafalan abjadpun masih mengalami kesulitan. Anak – anak lainnya yang sudah bisa membaca namun masih kurang fasih dan masih mengabaikan tanda baca, juga kami berikan bimbingan lebih lanjut. Ketertarikan anak – anak pada bukupun terbilang cukup antusias apalagi buku yang memiliki gambar yang menarik. Namun, hal yang disayangkan, ketertarikan kepada buku tersebut tidak sesuai dengan usia pendidikan mereka sekolah. Dimana seharusnya anak – anak yang duduk di bangku kelas 5 SD/MIN ke atas sudah memiliki daya baca yang lebih baik lagi dan tidak lagi sebatas kepada buku bewarna dan bergambar. Namun, hal positif yang kami lihat adalah anak – anak masih berkeinginan dan memiliki rasa penasaran untuk segala jenis buku yang berada di Posko KKN yang memang disediakan 2 rak buku besar yang menampung berbagai jenis buku anak – anak maupun pengatuhuan untuk orangtua. Hal menarik lainnya yang kami jumpai adalah, salah satu anak yang duduk dibangku kelas 6 SD mengakui sangat tertarik untuk belajar komputer, hal yang justru tidak ia dapatkan di sekolahnya karena tidak disediakan lab komputer. Namun, karena pada hari itu kami tidak membawa satupun laptop ke Posko KKN, maka keinginannya untuk hari itu akan kami penuhi dihari lainnya. Salah satu anak lelaki bernama Ali, seorang anak yang memiliki darah Batak di dirinya yang sedang duduk di kelas 2 SMP menjadi partisipan tertua kami hari ini di Posko KKN. Dia mengakui bahwa ia sangat kesulitan dibidang Matematika dan masih belum bisa menghafal perkalian dengan sangat baik. Bahkan keinginan dia untuk tidak lagi melanjutkan sekolah dan lebih memilih untuk bekerja saja. Hal tersebut tentu membuat saya miris, saya mencoba memberikan pengertian dan pandangan kepadanya mengenai pentingnya pendidikan. Anak laki – laki lainnya, Raihan, yang sempat beberapa kali bertemu di Meunasah pada saat kegiatan mengaji yang terkenal sangat hiperaktif juga menjadi sasaran kami. Saya mencoba menasihati dia dengan pelan – pelan namun tegas mengenai kedisiplinan dan keusilan dia terhadap anak – anak perempuan. Setelah kami merasa cukup bosan hanya di Posko KKN, kami akhirnya mengajak anak – anak untuk keliling gampong. Mereka dengan sepeda mereka, dan kami para mahasiswa KKN Universitas Syiah Kuala mengendarai becak barang milik gampong. Selama perjalanan banyak tingkah lucu anak – anak yang membuat kami terhibur. Jujur, melihat dunia polos mereka yang masih sangat jauh dari pengaruh dunia luar dan sangat berbanding terbalik dengan kondisi anak – anak di kota, membuat rasa senang dan puas tersendiri di diri kami. Bahkan, kami sempat berhenti di daerah persawahan hanya untuk sekedar berfoto dan bermain ria. Anak – anak Gampong Samuti Aman, para Laskar Gampong Samuti Aman, terbesit di dalam hati kami agar anak – anak ini dapat menjadi penerus bangsa yang baik dan menajdi kebanggaan orangtuanya, melebihi ekspektasi keluarganya.

 

7 1 2 3 4 5 6

Rubik Sebagai Permainan Matematika (Tanggal : 21 Juli 2019)

Kegiatan ini merupakan salah satu program individu yang direalisasikan oleh M.Alfa Ridzi, dimana saya mencoba menawarkan program teknik berfikir secara sistematis ala matematika yang dikemas dalam bentuk permainan rubik ukuran 3×3. Menyelesaikan rubik merupakan kegiatan yang sulit akan tetapi menantang kepada anak-anak dan juga orang tua untuk menyelesaikan masalah dengan memperbaiki rubik yang acak ke posisi semula dengan penempatan yang sama warna. Tujuan dari program ini adalah untuk melatih anak – anak untuk peningkatan daya problem solving dan daya pikir anak – anak secara sistematis.

Kegiatan ini saya realisasikan di Meunasah Gampong Samuti Aman. Rasa penasaran anak – anak terhadap mainan berbentuk kotak yang memiliki 6 sisi warna serta acak ini membuat anak – anak jadi ingin mencari tahu lebih dalam. Awalnya mereka hanya melihat dan memegang mainan rubik ini, pelan – pelan saya mulai mengajari mereka bagaimana cara menyusun mainan acak ini agar kembali sesuai dengan penempatan warnanya yang sesuai. Beberapa anak tertarik ingin mencoba dan mulai menyusunnya, serta beberapa diantaranya sudah mulai bosan dan hanya memperhatikan dengan rasa penasaran yang tak hilang. Saya akui, untuk langsung mengerti dan menguasai teknik rubik tidaklah mudah apalagi bagi anak – anak Gampong Samuti Aman yang masih asing dengan mainan tersebut. Namun, satu anak bernama Aji menunjukkan kemampuan yang lebih cepat menangkap dibandingkan teman – teman yang lainnya. dengan terus dibimbing dan rasa penasaran yang ia miliki, Aji berhasil menyusun 2 sisi sama warna. Saya harap, dari program yang saya realisasikan ini, daya problem solving yang dimiliki anak – anak dapat lebih terpacu lagi yang tentu ini juga membutuhkan dukungan serta bimbingan orang – orang sekitar yang berpengaruh kepada si anak.

 

tanggal tersebut merupakan hari permainan rubik untuk anak-anak secara umum, untuk anak-anak yang ingin belajar lebih jauh tentang rubik, beberapa datang ke posko dan ke rumah keuchik(tempat kami tinggal) untuk belajar rubik.

 

pada akhirnya ada anak yang mampu menyelesaikan rubik secara sempurna, dibantu dengan rumus-rumus yang saya berikan kepada mereka dalam bentuk standart.

 

 

2 1

Lomba Mewarnai (Tanggal : 21 Juli 2019)

4 1 2 3

Kegiatan ini merupakan salah satu program individu yang direalisasikan oleh Wibi Handoko yang berlokasi di Meunasah Gampong Samuti Aman. Program yang dipilih yaitu mengajarkan mewarnai kepada siswa sekolah dasar. Kegiatan mewarnai bukan merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak siswa ini dikarenakan mewarnai bersifat membangun keterampilan anak dalam mewarnai suatu pola atau gambar dan justru kegiatan ini dianggap sangat mengasyikkan dan disukai oleh anak – anak. Terkadang sering tidak disadari bahwa kegiatan mewarnai meupakan sebuah kegiatan yang dapat bermanfaat bagi anak – anak untuk melatih kreatifitas, daya visual anak dan imajinatif anak – anak untuk membayangkan warna seperti apa yang cocok, bagaimana cara mengisi warna di gampang yang sesuai dengan alur polanya agar terlihat rapi dan mengajari anak untuk bereksperimen dengan warna yang menurut saya dapat memberikan kesan rileks di individu anak – anak.

Realisasi program ini saya kemas dalam bentuk lomba. Bahan – bahan yang saya siapkan diantaranya 40 lembar gambar pola masjid yang polos yang nantinya akan diwarnai oleh anak – anak dan beberapa kotak pensil warna. Dimana kriteria yang paling rapi dan sesuai kecocokan warna antara satu dengan lainnya menjadi kriteria pemenang. Anak – anak sangat terlihat menikmati dan antusias ketika program ini berlangsung. Bahkan untuk menjaga kedisiplinan yang biasanya terbilang sedikit susah, pada program ini mereka berbeda jauh dan sangat disiplin, dikarenakan setiap anak mempunya kegiatannya masing – masing dan sama – sama berusaha untuk memberikan yang terbaik dari dirinya. Tanpa disadari, bisa jadi potensi anak dapat kembali tergali melalui kegiatan ini. Ketika anak – anak mengumpulkan hasil mewarnainya kepada saya, terlihat ekspresi puas dan penasaran akan penilaian kami dan siapa yang akan menjadi pemenang. Pada akhirnya terpilih juara 1, 2 dan 3 serta juara Harapan 1, 2 dan 3.

Les Privat : Memecahkan Si Matematika (Tanggal 20 Juli 2019)

 

Program ini merupakan salah satu program individu yang direalisasikan oleh M. Alfa Ridzi dan merupakan program penunjang bagi beberapa teman – teman sesama kelompok BR 183. Program ini berkenaan dengan bidang akademis saya di Universitas Syiah Kuala yakni MIPA Matematika. Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak orang terutama anak – anak. Banyak anak – anak merasa tekendala untuk menyelesaikan berbagai jenis soal Matematika yang diberikan oleh guru mereka. Hal ini dapat dikarenakan banyaknya rumus – rumus dan hafalan bilangan yang terkadang sulit mereka ingat. Namiun, dengan adanya bimbingan tambahan dari saya serta teman – teman saya, saya yakin mereka dapat memperlancar menyelesaikan jenis soal matematika yang diberikan oleh guru – guru mereka di sekolah.

Program ini dilaksanakan di Posko KKN Mahasiswa Universitas Syiah Kuala di Gampong Samuti Aman, Meunasah Gampong Samuti Aman dan Rumah Pak Keuchik Samuti Aman. Les privat itu sendiri merupakan sebuah kegiatan tambahan belajar diluar jam sekolah yang ditujukan kepada anak – anak sekolah agar mereka dapat lebih memahami dan menguasai materi – materi yang diajarkan di sekolah secara lebih teratur. Tujuan dari dilaksanakannya program ini adalah untuk membatu anak – anak Gampong Samuti Aman untuk menyelasaikan pekerjaan rumah mereka di mata pelajaran matematika dan mempermudah membimbing anak – anak untuk memecahkan soal matematika dengan cara – cara yang lebih mudah dan menarik yang kami ketahui, agar anak – anak lebih mudah mengerjakan segala bentuk soal yang diberikan oleh guru di sekolah dan mendapatkan nilai yang akademis yang memuaskan di atas rata – rata.

Hal yang kami dapati dilapangan adalah, masih banyak anak – anak yang belum menghafal perkalian dan tata cara pembagian secara sederhana, yang tentu ini menjadi kendala yang sangat dasar bagi mereka sehingga mereka mengalami kesulitan untuk menyelesaikan persoalan matematika berupa jenis soal pecahan sederhana dan pecahan campuran. Namun, sebisa mungkin kami tetap memberika bimbingan yang mudah dimengerti oleh anak – anak Gampong Samuti Aman. Respon yang diberikan oleh anak – anak sangat memuaskan. Setelah diberikan penjelasan dan keterangan mengenai pemecahan soal – soal, beberapa diantaranya mengaku bahwa soal tersebut sebenarnya tidaklah begitu sulit untuk dikerjakan. Perkembangan yang baik terlihat dari nilai – nilai tugas mereka yang semakin membaik dan semakin lancar untuk mengerjakan bentuk soal yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 4 1 2 3

 

 

Bermain Kata : Cara Asyik Mengasah Kemampuan Berbahasa Anak (Tanggal : 19 Juli 2019)

Program ini merupakan salah satu program individu yang direalisasikan oleh Wibi Handoko yang berlokasi di Meunasah Gampong Samuti Aman. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkenaan dengan bidang akademis di Unversitas Syiah Kuala, yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Bermain kata bukan merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak siswa ini dikarenakan bermain kata bersifat membangun keterampilan siswa dalam meyusun huruf atau kata agar menjadi suatu kalimat. Realisasi program saya ini dapat berjalan dengan baik tak lepas atas bantuan maupun dukungan dari salah satu teman sesama kelompok BR 183 yakni Safirdha Hanum.

Adapun tujuan dari kegiatan ini agar dapat memudahkan anak – anak menyusun kata perkata dengan tepat ketika mereka sedang di sekolah maupun sedang di luar sekolah dan membantu mereka untuk menguji keterampilan dan kemampuan berbahasa anak – anak Gampong Samuti Aman. Metode yang saya terapkan dalam program ini saya kemas dalam bentuk game. Diawal sebelum saya memulai program saya, saya terlebih dahulu memperkenalkan nama saya yang selanjutnya saya memaparkan sedikit mengenai pentingnya pendidikan dan fasih membaca. Antusiasme anak – anak selama saya memulai permainan bermain kata ini sangat baik. Anak – anak dapat mengikuti segala instruksi permainan yang saya berikan. Adapun saya menemukan beberapa kasus dimana anak – anak masih ada yang belum dapat membaca. Untuk kasus anak – anak yang seperti ini, saya mencoba melakukan pendekatan dan bimbingan secara perlahan untuk si anak agar dapat mengeja dan tetap mengikuti permainan walaupun masih terbata – bata.

Diakhir permainan, saya kembali menekankan kepada anak – anak mengenai pentingnya rajin membaca dan sebisa mungkin menaikkan tingkat daya baca masing – masing anak – anak untuk memperlancar bacaan mereka dan memperbanyak kosakata. Serta, taklupa saya menyampaikan pesan moral dari permainan yang sudah saya berikan. Saya berharap dengan terlaksanakan program ini, akan membuat anak-anak Gampong Samuti Aman termotivasi akan keinginan belajar lebih rajin lagi dan menyukai yang namanya bermain kata.

4 1 2 3

Pengajian Ibu – Ibu Samuti Aman : Wawasan Islami Sehari – Hari (Tanggal : 19 Juli 2019)

 

Selama kami melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gampong Samuti Aman, sebisa mungkin kami turut berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan gampong yang diadakan. Seperti salah satunya pengajian mingguan ibu – ibu Gampong Samuti Aman. Pengajian ini diadakan rutin setiap hari Jumat dimulai dari pukul 14:30 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB yang berlokasi di Meunasah Gampong Samuti Aman. Ibu – ibu yang turut berpartisipasi dalam kegiatan pengajian ini berjumlah sekitar 30 sampai 40 orang dengan dipimpin oleh satu orang Tengku yang bernama Tengku Miswar.

Hal baru yang kami dapatkan dari partisipasi dalam kegiatan pengajian ini adalah, selama pengajian berlangsung, metode yang digunakan bukanlah seperti pengajian pada umumnya. Pengajian Ibu – Ibu Gampong Samuti Aman ini lebih dilakukan dengan tehnik diskusi dan membedah Kitab Sirus Salikin yang berlisankan Arab Melayu. Pada awal kami diperkenalkan oleh kitab ini, sedikit rasa bingung mengenai bagaimana cara membacanya dikarenakan hal tersebut sangat asing bagi kami. Namun, seiring berjalannya waktu dan atas kesabaran  salah satu teman sekelompok BR 183 dalam mengajari kami, yakni Fitri Mutia yang mengerti cara membaca kitab tersebut, pelan – pelan kami sudah mulai memahami dan dapat membaca kitab tersebut.

Metode pengajian yang dilangsungkan dengan tehnik berdiskusi juga sangat efisien menurut kami. Hal ini dikarenakan kami dapat melakukan komunikasi interaktif denga sang Tengku mengenai satu pokok pembahasan. Hal – hal yang dibahas dalam Kitab Sirus Salikin ini berkenaan dengan hal – hal sederhana di kehidupan sehari – hari yang sesuai dengan tatanan syariat Islam. Mengenai cara berwudhu, beristinjak dan lain sebagaimana yang sebenarnya dianggap sangat sepele namun justru tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana anjuran sebenarnya dalam syariat Islam. Justru banyak hal – hal sederhana yang dianggap sepele yang dilakukan dalam kehidupan sehari – hari yan dilakukan salah namun tetap memiliki dampak yang tidak baik. Dengan adanya diskusi dan bedah Kitab Sirus Salikin ini, wawasan – wawasan hal seperti itu dapat terus digali dan mengingatkan diri kita masing – masing untuk memperbaiki hal – hal yang tidak sesuai dengan syariat Islam tersebut.

 

3 1 2

Edukasi Pemasaran dan Pembagian Cilok : Menanam Jiwa Wirausaha Di Usia Dini (Tanggal 18 Juli 2019)

Program ini merupakan program individu terakhir yang direalisasikan oleh Winnie Amalia Putri. Program utama ini masih sejalan dengan bidang akademis yang saya kuasai yakni bidang Ekonomi dan Bisnis. Program ini saya tujukan kepada anak – anak di meunasah dan juga guru – gurunya agar adanya rasa ketertarikan untuk memiliki usaha sendiri dengan proses pemasaran yang bisa dimulai dari usaha – usaha kecil rumahan yang tidak sulit untuk dibuat seperti cilok. Adapun program ini dapat saya realisasikan dengan baik berkat bantuan teman sesama kelompok BR 183, yakni Zarra Putri Aprilia S. dan Fitri Mutia.
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengaruh, menimbulkan rasa ketertarikan kepada anak – anak untuk dapat berkreasi membuat suatu hal yang menghasilkan dari hal – hal sederhana yang dapat dibuat dengan orangtua dirumah. Objek makanan saya pilih sebagai media dari edukasi ini dikarenakan pasar dari makanan yang dapat dikategorikan sebagai cemilan ini memiliki pasar yang luas dan lebih gampang untuk menarik konsumen. Adapun sasaran dari kegiatan ini tidak hanya anak – anak, orangtua dan para guru – guru di meunasah juga dapat mendukung dan menerapkan hal yang sama. Dalam bentuk usaha yang tidak sulit dan pemasaran yang sederhana saja masyarakat dapat menghasilkan uang tambahan untuk kebutuhan sehari – hari.
Kegiatan Edukasi Pemasaran dan Pembagian Cilok ini berjalan selama satu hari. Antusiasme anak – anak dan guru – guru sangat meriah. Banyak anak – anak yang baru mengetahui cilok itu seperti apa. Untuk teknik pemasarannya, saya anjurkan untuk dilalui dari teknik sederhana saja terlebih dahulu. Mengenalkan kepada para kerabat, teman – teman di lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Awalnya, saya ingin mengajarkan kepada mereka teknik pemasaran yang dilakukan secara online. Namun, kebanyakan dari anak – anak tersebut belum memiliki smartphone yang menjadi media utamanya. Namun, saya tetap menyampaikan bahwa aksi pemasaran itu sendiri juga bisa dilakukan dan akan sangat membantu bila mereka melakukannya dengan smartphone. Antusiasme mereka berlanjut ketika saya menjelaskan bagaimana proses pembuatan dari cilok itu sendiri. Setalah edukasi pemasaran dan proses pembuatan cilok, saya membagikan satu per satu cilok yang sudah saya buat sendiri kepada mereka. Antusiasme mereka tidak terbendung untuk mendapatkan satu bungkus cilok. 26 28 29 27