Featured post
Capture

Profil Gampong Teupin Ara

Capture

Gampong Teupin Ara adalah salah satu Gampong yang terletak di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Secara geografis kampung ini terletak strategis di kawasan yang dikelilingi oleh persawahan, perkebunan jagung dan kelapa serta berada dekat dengan pinggiran sungai.Sebagian besar kawasan di Gampong Teupin Ara dijadikan oleh warga setempat sebagai lahan pertanian dengan komoditi Jagung. Oleh karena itu, sebagian besar mata pencaharian warga setempat Gampong Teupin Ara adalah sebagai petani. Jarak antara desa dengan ibukota kecamatan kurang lebih 4 km dan menuju ibukota kabupaten sekitar 41 km.

A. Sejarah Gampong Teupin Ara

Pada mulanya terjadi wilayah Gampong Teupin Ara adalah hutan yang dihuni oleh orang-orang pendatang yang menanam padi dan berkebun di area tepi sungai. Pada Tsunami tahun 2004 Semua rumah dan sawah milik petani hancur tak bersisa, Sehingga warga kehilangan Rumah beserta mata pencahariannya, Lalu Gampong Teupin Ara mendapatkan bantuan Rumah dari sebuah organisasi yang berasal dari Jerman yaitu Rumah Anti Banjir sehingga warga tidak perlu takut lagi apabila terjadi banjir dan juga Tsunami.

B. Profil Gampong

 

1. Gambaran Umum Gampong

Gampong Teupin Ara adalah salah satu Gampong yang terletak di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Secara geografis kampung ini terletak strategis di kawasan yang dikelilingi oleh persawahan, perkebunan jagung dan kelapa serta berada dekat dengan pinggiran sungai.Sebagian besar kawasan di Gampong Teupin Ara dijadikan oleh warga setempat sebagai lahan pertanian dengan komoditi Jagung. Oleh karena itu, sebagian besar mata pencaharian warga setempat Gampong Teupin Ara adalah sebagai petani. Jarak antara desa dengan ibukota kecamatan kurang lebih 4 km dan menuju ibukota kabupaten sekitar 41 km.

Terdapat 3 dusun yang ada di Gampong Teupin Ara yaitu Teungoh, Karya budi, dan Ingin Jaya yang masing-masing di pimpin oleh kepala dusun. Untuk saat ini, jumlah seluruh Kepala Keluarga (KK) di Kampung Teupin Ara berjumlah 183 KK. Total seluruh penduduk saat ini adalah 617 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 326 jiwa dan perempuan 291 jiwa.

Gampong Teupin Ara memiliki lahan yang luasnya sekitar 628 km3 yang terpisah dari jalan raya. Infrastruktur jalan di kampung secara keseluruhan sudah beraspal dan sudah dapat dilalui oleh kendaraan besar dan kecil. Untuk pendidikan, terdapat 1 TK swasta, buah SMP yaitu SMP Negeri 2 Teunom dan 1 SD yaitu SD Negeri 3 Teunom yang berada dekat dengan gampong Teupin Ara.

Kondisi lingkungan di Gampong Teupin Ara sendiri sangat baik dan bersih. Hamper tidak ditemukan adanya sampah yang berserakan di baik di jalanan maupun di pekarangan rumah warga. Hal ini dikarenakan masyarakat Gampong Teupin ara sudah menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Gampong Teupin Ara hanya memiliki sebuah polindes yang berada di pertengahan gampong. Meski begitu, warga masih bias melakukan keperluan kesehatan keperluan kesehatan ke Puskesmas kecamatan Teunom yang tidak terlalu jauh dari gampong apabila polindes tersebut kekurangan obat ataupun fasilitas untuk mendukung kesehatan warga Gampong Teupin Ara. Di gampong Teupin Ara juga ada sebuah mesjid yang masih sangat terjaga baik kondisinya dan sering dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan beribadah oleh warga. Warga biasa berkumpul di mesjid untuk menghadiri Majelis Ta’lim yang diakan setiap hari Jumat.

Gampong Teupin Ara memiliki penduduk dengan sikap yang ramah dan taat pada Syariat Islam. Anak-anak di Gampong Teupin Ara biasa belajar agama dan mengaji setiap malam di TPA yang ada di gampong tersebut. Untuk membuat anak-anak semakin semangat untuk terus belajar mengenai agama dan sebagai ajang untuk terus meningkatkan kemahiran mereka dalam mengaji, gampong melenggarakan MTQ setiap tahunnya dimana anak-anak Gampong Teupin Ara akan mengikuti lomba mengaji dan musabaqah. Selain sering mengadakan acara MTQ, Gampong Teupin Ara juga terkenal dengan volynya yang seringkali memenangkan kejuaraan antar desa dan kecamatan. Pemuda pemudi setiap sorenya berkumpul dan berlatih voly di lapangan voly yang ada di gampong tersebut.

Sarana dan prasarana yang terdapat di Gampong Teupin Ara sudah cukup lengkap seperti sudah adanya kantor Geuchik, Balai desa, masjid, TPA, air PDAM, polindes, sekolah, lapangan voly dan lain-lain.

2. Kondisi Geografis

Gampong Teupin Ara terletak di daerah tepi sungai dan dengan posisi Gampong yang terletak didalam kawasan perkebunan serta persawahaan yang menjadi salah satu sumber daya tarik tersendiri dengan wilayah lain. Adapun pembagian wilayah di Gampong terpecah menjadi 3 dusun antara lain:

  • Dusun Teungoh
  • Dusun Karya Budi
  • Dusun Ingin Jaya

Berikut Batas Wilayah Gampong Teupin Ara :

  • Utara : Gampong Lueng Gayo
  • Timur : Gampong Pasi Timon
  • Barat : Gampong Waylo
  • Selatan : Gampong Hutan Rimba

Kondisi Umum Gampong Teupin Ara :

  • Banyaknya curah hujan : -
  • Ketinggian tanah dari permukaan laut : 5 Meter
  • Suhu udara rata-rata : Panas
  • Topografi : Dataran Sedang

Orbitrasi Gampong Teupin Ara

  • Jarak dari pusat pemerintahan kecamatan : 8 km
  • Jarak dari ibu kota Kabupaten/ Kota : 47 km
  • Jarak dari ibu kota provinsi : 201 km
  • Jarak dari Puskesmas : 14 km
  • Jarak dari rumah sakit umum : 48 km
  • Jarak dari SPBU : 14 km

3. Kondisi Demografis

Saat ini, jumlah seluruh Kepala Keluarga (KK) di Kampung Teupin Ara berjumlah 183 KK. Total seluruh penduduk saat ini adalah 617 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 326 jiwa dan perempuan 291 jiwa.

JENIS PEKERJAAN JUMLAH (JIWA) PERSEN (%) KONDISI USAHA
1 2 3 4
1.Petani / Pekebun

  • Petani Pangan
  • Petani Perkebunan
100

125

50,58

36,47

Aktif

Aktif

2.Perternakan 25 5,00 Aktif
3.Pegawai Negeri 17 2.05 Aktif
4.Tukang 15 3.00 Aktif
5.Pedagang 10 1.76 Aktif
7.Supir 3 1.17 Aktif

4. Struktur Pemerintahan Desa

  • Keuchik Gampong                          : Ibrahim B
  • Sekretaris Gampong                      : Nazar Mawi
  • Kasi Pemerintahan                         : Rahmad Samsudin
  • Kasi Pembangunan                        : Yusrizal, S. Sos
  • Kaur Umum dan Perencanaan      : Romi Saputra
  • Kaur Keungan                                  : Nasruddin, S.Sos
  • Kepala Dusun Krueng Matee         : Syarwani
  • Kepala Dusun Cot Kumbang         : Karji
  • Kepala Dusun Tanjong Harapan   : Cut Husen

5. Sarana dan Prasarana Gampong

 

NO JENIS FASILITAS JUMLAH (UNIT) PENGGUNAAN
1 Fasilitas Ibadah /Agama 1 Unit Mesjid
2 Fasilitas Pendidikan 1 Unit2 Unit

1 Unit

1 Unit

PAUDTPA/TPQ

SD

SMP

3 Fasilitas Pelayanan Umum 1 Unit Pustu (

 

Featured post
kkn_aj087_1___BtIzrm6nJgj___

Dokumentasi Seluruh Aktivitas

PERTEMUAN DENGAN APARATUR DESA SERTA MASYARAKAT DESA TEUPIN ARA

kkn_aj087_2___BsrU56FD51a___

Penyambutan Mahasiswa KKN AJ087 oleh Aparatur Gampong dan Masyarakat Gampong Teupin Ara di balai desa Teupin Ara.

PROGRAM BERMITRA BERSAMA KAPOLSEK TEUNOM

SOSIALISASI ANTI-HOAX

kkn_aj087_3___Btq_6vaHzuu___ kkn_aj087_2___Btq_6vaHzuu___ kkn_aj087_4___Btq_6vaHzuu___

PROGRAM BERMITRA BERSAMA PUSKESMAS TEUNOM

JUMAT MAKAN TELUR

kkn_aj087_4___BtIzrm6nJgj___ kkn_aj087_3___BtIzrm6nJgj___ kkn_aj087_2___BtIzrm6nJgj___

Featured post
b2d63613-cb52-4f8c-afd3-2d0b9ab56e32 (1)

Profil Anggota Kelompok AJ087

kkn_aj087___Bsx5DTMjPGS___

Muhammad Hafiz. Nahh ini dia Ketua di Aj 087. Doi lagi kuliah jurusan Agribisnis Angkatan 2015. Doi merupakan driver handal becak Pajero yang siap mengantarkan kemanapun bahkan sampai ke ujung dunia gais.

kkn_aj087___Bsxz7jWD6Ci___

Namanya Ria Andriani, maunya di panggil “ria manis” hehe.
Doi di amanahin buat jadi Bundahara di Aj 087 ni. Anaknya congean kayanya cotton bud udh gacukup deh, tapi kalo urusan masak dan bersih-bersih kasih aja ke doi dijamin kelar tu semua . Doi lagi kuliah di jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2015

kkn_aj087___Bsx7ROkjLmo___

Namanya Shaumi Fitria, Kami sih panggilnya Umi pas juga karna paling tua ni di genk cewe. Anaknya sabar bangeeet nurut-nurut aja walaupun selalu di bully. Doi lagi kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2015

kkn_aj087___Bs3MJN1DaQH___

R Gusno Putra Lugay. Kami memanggilnya Gusno. Doi merupakan anak yang paling pendiam di Aj 087 tapiiiiii kalo udah ngomong langsung menusuk ke relung hati yang paling dalam eak !! Biasanya doi terkadang jadi penasehat kalau lgi rapat. Hemm Doi lagi kuliah di jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2015.

kkn_aj087___BsxyE0QjT0G___

Putri Hizriatul Fatma Noery. Fix panjang kaya rel kereta api kan -_- yauda panggil doi uput aja deh. Doi orang yang paling random di AJ 087. Lagi diam tiba2 bahas yang nggak jelas. Ets, walaupun begitu tapi dia kembang desanya Teupin Ara loo. Doi kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2015.

kkn_aj087___Bsx9nLCDYBg___

Larasati Fadhlen, panggilannya Laras. Doi merupakan Koordinator Lapangan Aj 087 ni. Doi orangnya ketus gais kalo ngomong suka betul. Btw doi orang yang paling banyak dicariin anak-anak di kampung loo. Lagi kuliah di jurusan Pendidikan Dokter Hewan Angkatan 2015

kkn_aj087___Bs3NPgTjVRb___

Namanya Rian Tinus. Kami manggilnya Salsa *salsa, janganla melotot* atau Martinus.
Doi merupakan idola nya anak-anak cewe di kampung Teupin Ara looo. Karna kulitnya putih sllu di kira bangsa chinese. Doi merupakan laki2 di kelompok yang paling pengertian sama perempuan apakah mungkin dia memiliki jiwa perempuan ? Doi lagi kuliah di jurusan Penjaskesrek Angkatan 2015

kkn_aj087___Bsxxh2LDoMo___

Bambang Ramadhan namanya. Biasanya dipanggil bengbeng. Nah doi ini diamanahin jadi Ketua Kecamatan di Teunom. Yay! Doi lagi kuliah di Jurusan Teknik Elektro Angkatan 2015. Doi ini orangnya ramah dan suka menyantuni warga gampong sebelah especially cewe-cewe . Doi juga merupakan ayah dari kelompok kami

Aplikasi-Edit-Video-Terbaik-Khusus-di-Smartphone

Aplikasi Edit Video Smartphone Terbaik

Aplikasi yang ada di smartphone sangat membantu bagi penggunanya. Mulai dari aplikasi chat, media sosial sampai edit foto atau video. Jika sebelumnya HR Online menjelaskan aplikasi untuk membuat meme. Kali ini kami, akan merangkum aplikasi untuk mengedit video di smartphone.

Aplikasi untuk mengedit video di smartphone bisa Anda dapatkan secara gratis di toko aplikasi seperti google play store atau lainnya. Meski gratis, namun aplikasi itu mempunyai fitur yang bisa mengolah video menjadi lebih menarik.

Berikut ini aplikasinya yang berhasil dirangkum dari careercenter.id dan juga berbagai sumber.

1. Adobe Premiere Clip

Sebelum dibuat di smartphone, aplikasi buatan Adobe ini terlebih dulu ada di komputer. Sebelum menggunakan atau mengakses aplikasi ini, Anda terlebih dulu daftar ke Adobe ID dengan gratis. Fitur dari aplikasi Adobe Premiere Clip ini juga bisa menonton video dari akun orang lain.

Meski di dalam aplikasi ini Anda tidak akan menemukan animasi atau stiker yang biasanya ada di video editan, akan tetapi untuk ganti stiker atau animasi tersebut ada fitur berupa efek video yang bisa membuat video editan menjadi lebih bagus dan elegan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone Anda harus dalam mode potrait, namun itu akan tetap membuat pengguna nyaman menggunakannya karena tata letak sudah disesuaikan.

2. FilmoraGo

Aplikasi edit video smartphone lainnya yaitu FilmoraGo. Cara kerjanya sama dengan komputer, yaitu memilih video yang akan diedit yang diambil dari galeri di smartphone.

Adapun keunggulan dari FilmoraGo diantaranya mendukung picture in picture, yang menyisipkan video atau foto ke dalam video yang akan diedit. Kemudian, di dalam aplikasi ini juga tersedia background unik, sehingga hasil edit video menjadi lebih menarik dan tidak monoton.

3. KineMaster

Keunggulan aplikasi ini hanya dapat menambahkan teks atau tulisan di video yang akan diedit. Sementara untuk audionya ada yang versi gratis atau bisa dengan menyisipkan audio format MP3, namun jika ingin audio yang menarik bisa dengan berbayar.

4. VivaVideo

Aplikasi edit video ini cara kerjanya hampir sama dengan Adobe Premiere Clip. Sedangkan tema atau tampletnya lebih banyak pilihan daripada aplikasi FilmoraGo. Meski aplikasi ini ada stiker sebagai “pemanis” video, namun karena gratis ada kelemahannya yaitu dari setiap hasil video yang diedit ada watermark di background video.

Cara-Membuat-EmojiMix-TikTok-Viral-Simak-Tutorial-Lengkap-1024x576

Cara Membuat EmojiMix TikTok

Cara membuat EmojiMix TikTok terbilang cukup mudah. Saat ini, EmojiMix menjadi salah satu tren yang sedang berkembang dan cukup viral di TikTok dalam beberapa waktu terakhir.

Sesuai dengan namanya, EmojiMix memungkinkan para penggunaannya untuk dapat menggabungkan dua emoji menjadi satu. Selanjutnya akan menghasilkan satu emoji yang cukup unik.

Sebagai contoh, Anda dapat menggabungkan emoji wajah sedang tertawa dengan labu khas Halloween. Kemudian, hasil kombinasi tersebut berupa labu Halloween yang sedang tertawa.

EmojiMix yang telah Anda buat tersebut nantinya dapat Anda simpan serta bagikan kepada orang lain melalui aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, hingga TikTok.

Pilihan Cara Membuat EmojiMix TikTok

Dalam beberapa bulan terakhir, EmojiMix di media sosial bernama TikTok cukup viral setelah beberapa penggunanya membuat konten dengan menggunakan permainan ini.

Dengan adanya konten EmojiMix ini pun akhirnya memicu penasaran serta membuat pengguna lain pun ikut-ikutan untuk membuat konten yang sama.

EmojiMix sendiri adalah salah satu bentuk permainan yang sederhana untuk membuat serta mengkombinasikan sebuah emoji baru dari dua buah emoji dengan tampilan lebih menarik.

Untuk membuat EmojiMix di TikTok dapat Anda lakukan dengan mudah. Bahkan dapat Anda lakukan tanpa harus menggunakan adanya aplikasi tambahan. Semakin penasaran untuk dapat membuat EmojiMix di TikTok, berikut beberapa pilihan caranya menurut bettermind.id

Melalui Google Gboard

Terdapat beberapa langkah untuk dapat membuat EmojiMix di TikTok. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan Google Gboard dengan beberapa langkah berikut:

  1. Peratama, unduh dan instal aplikasi Gboard pada perangkat HP Anda. Pastikan Anda telah menginstall versi yang terbaru
  2. Selanjutnya, buka aplikasi perpesanan, seperti WhatsApp atau Facebook Messenger
  3. Cara membuat EmojiMix TikTok melalui aplikasi Gboard selanjutnya adalah dengan memilih orang yang akan Anda kirimi emoji mix tersebut
  4. Kemudian ketuk kotak obrolan untuk dapat memunculkan aplikasi Gboard. Pastikan Anda telah menyetel keyboard Google ini sebagai input default
  5. Berikutnya, kik ikon smiley pada samping bilah spasi di Gboard yang selanjutnya akan menampilkan daftar emoji
  6. Lalu ketikkan secara acak dua pasang emoji, maka Gboard secara otomatis akan menggabungkan pasangan serta membuat kombinasi pada ruang yang di atas keyboard.

Melalui Tikolu.net

Cara membuat EmojiMix TikTok selanjutnya adalah dengan menggunakan situs Tikolu.net.

  1. Langkah pertama buka laman situs Tikolu.net
  2. Kemudian pilih EmojiMix
  3. Klik “here to begin”
  4. Selanjutnya, silahkan pilih sendiri emoji mana yang akan Anda gabungkan, kemudian lihat hasil dari penggabungan emoji tersebut
  5. Apabila Anda ingin menyimpan emoji hasil kreasi Anda, maka dapat memilih ikon “Copy”
  6. Selanjutnya Anda dapat menggandakan link hasil perpaduan emoji pada ikon “copy link” serta ikon “share” untuk dapat membagikannya pada media sosial yang Anda miliki.

Setelah mengetahui cara membuat EmojiMix TikTok yang cukup mudah di atas, maka Anda pun dapat mengkombinasikan dua emoji menjadi lebih lucu dan unik. Selanjutnya EmojiMix tersebut dapat Anda bagikan melalui chat dengan teman.

Baca Selengkapnya di prismaham.id

Cara-Membuat-WhatsApp-Baru-dengan-Nomor-yang-Sama-Praktis-768x432

Cara Membuat WhatsApp Baru dengan Nomor yang Sama

Cara membuat WhatsApp baru dengan nomor yang sama seringkali menjadi pertanyaan untuk beberapa pengguna.

Pasalnya, saat mengganti ponsel yang terbaru, maka secara otomatis keseluruhan aplikasi yang terpasang akan melakukan login ulang.

Hal ini pun terjadi pada aplikasi WhatsApp. Pada saat lakukan login ulang pada smartphone yang berbeda, tentu semua chat di dalamnya akan hilang.

Akan tetapi, kontak yang telah tersimpan dan dicadangkan tak akan hilang. Dengan demikian, Anda pun bisa komunikasi kembali dengan pengguna lain yang terdapat di kontak WA.

Inilah Cara Mudah Membuat WhatsApp Baru dengan Nomor yang Sama

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat yang sangat populer serta banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai fitur yang sangat menarik dan bermanfaat bagi pengguna.

Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna untuk menggunakan nomor yang sama pada saat akan ganti HP.

Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi WhatsApp untuk keperluan berbeda.

Ketentuan Membuat WhatsApp Baru dengan Nomor yang Sama

Sebelum membuat WhatsApp baru melalui nomor baru dengan menggunakan cara mudah, sebaiknya Anda mengetahui beberapa ketentuan yang harus terpenuhi. Ketentuan pertama, nomor yang Anda gunakan masih berlaku atau aktif.

Selanjutnya, nomor ponsel yang akan Anda daftarkan untuk registrasi aplikasi WA dapat menerima pesan verifikasi dari WhatsApp. Selain itu, nomor ponsel yang akan Anda gunakan bukan nomor pengguna lain.

Jika keseluruhan syarat atau ketentuan tersebut telah terpenuhi, maka Anda dapat dengan mudah untuk mengikuti cara membuat WhatsApp baru dengan nomor yang sama.

Langkah-Langkah Membuat WhatsApp Baru dengan Nomor yang Sama

Untuk membuat WhatsApp baru menggunakan nomor yang sama bisa Anda lakukan melalui aplikasi chat itu sendiri dengan beberapa cara dari pascaltechnologies.com berikut ini:

  1. Langkah pertama instal aplikasi WA melalui Google Play Store atau App Store
  2. Berikutnya buka aplikasi WA, daftar dan login dengan nomor ponsel yang akan Anda gunakan.
  3. Langkah selanjutnya, setelah melakukan pendaftaran, maka Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi pada akun WA yang telah Anda buat. Kode verifikasi tersebut akan Anda peroleh dari pihak WA melalui pesan SMS yang akan dikirim ke nomor ponsel Anda.
  4. Setelah berhasil melakukan verifikasi, maka Anda akan memperoleh notifikasi tentang riwayat chat dan media cadangan. Kemudian pulihkan riwayat chat dan media tersebut. Ini bertujuan untuk dapat melihat kembali pesan serta media lain yang terdapat dalam akun WA Anda.

Setelah mengikuti cara membuat WhatsApp baru dengan nomor yang sama secara benar, maka Anda dapat menggunakan akun WA baru menggunakan nomor lama. Selain itu, dapat melihat pesan chat WhatsApp yang lama jika Anda menggunakan perangkat HP sama. Namun jika Anda menggunakan ponsel yang baru, maka Anda tidak akan melihat pesan-pesan tersebut.